Penulis Utama : Gita Fitriani
NIM / NIP : D1518043
×

Pengamatan ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya teknologi informasi dewasa ini mengingat masyarakat tidaklah lepas dari yang namanya teknologi dengan berbagai kemudahannya. Hal ini membuat BPJS Ketenagakerjaan menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi dengan menerapkan sistem layanan digital modernnya didalam mempermudah proses aktivitas pelayanan instansinya menjadi efektif dan efisien dengan mengembangkan aplikasi berupa BPJSTKU Mobile yang dapat di dioperasikan pada smartphone. Dengan adanya pelayanan instansi berbasis mobile tersebut, peserta sudah dapat memperoleh layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui smartphone nya masing-masing.
Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai Aplikasi BPJSTKU Mobile di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal. Metode pengamatan ini menggunakan metode observasi berperan. Sumber data diperoleh dari narasumber, peristiwa atau aktivitas, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interviu atau wawancara, observasi, mengkaji dokumen, serta perekaman.
Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa BPJSTKU Mobile merupakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai media layanan informasi digital seperti cek saldo, pendaftaran, kartu digital, pengajuan klaim online serta berbagai informasi lainnya mengenai kepesertan. Pada tampilan menu utama terdapat menu login, menu pendaftaran peserta baru, dan menu pendaftaran pengguna baru. Serta tersedia fitur-fitur menu yang ada berupa panel menu profil, panel menu kontak, panel menu berita, panel menu notifikasi, serta panel menu layanan yang meliputi fitur menu lihat saldo, simulasi, e-klaim, kartu digital, lapor kecelakaan kerja, info program, PLKK mitra layanan, kantor cabang, dan pengaduan. BPJSTKU Mobile mengalami kenaikan pengguna dalam kurun waktu Maret s/d Juli 2020 yang disebabkan oleh adanya kondisi yang mengharuskan untuk meminimalisir kontak langsung dan proses kegiatan pelayanan didaringkan sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19. Terdapat kendala yang terjadi didalam penggunaan Aplikasi BPJSTKU Mobile seperti pengguna yang tidak cermat dalam mengoperasikan aplikasi tersebut, jaringan internet yang bermasalah atau  tidak stabil, masyarakat masih kurang mengenal adanya Aplikasi BPJSTKU Mobile, dan aplikasi terkadang sering down.
Saran atau rekomendasi dari hasil pengamatan ini yaitu perlunya untuk segera dilakukannya peningkatan pada sistem sehingga Aplikasi BPJSTKU Mobile dapat berjalan dengan lebih optimal serta perlunya untuk melakukan sosialisasi pengenalan kembali akan Aplikasi BPJSTKU Mobile.

Kata Kunci : Aplikasi, BPJSTKU Mobile, BPJS Ketenagakerjaan Tegal

 

×
Penulis Utama : Gita Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518043
Tahun : 2021
Judul : Aplikasi BPJSTKU Mobile di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518043
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd., M.Pd
2. Dra. Sudaryanti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.