Penulis Utama : Muhamad Viqi Rifai
NIM / NIP : S842002024
×

Muhamad Viqi Rifai. 2022. Implementasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Di Universitas Islam Negeri Jakarta. Tesis. Pembimbing: Dr. Sumarwati, M.Pd., Kopembimbing: Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum., Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRAK

 

Pembelajaran pada era digital menuntut dunia pendidikan beradaptasi cepat dengan penggunaan integrasi teknologi dengan aspek pedagogik dan konten atau materi. Terlebih lagi keadaan pandemi Covid-19 yang menuntut keterbatasan aktivitas manusia untuk saling berinteraksi secara langsung. Oleh karena itu, dibutuhkan kecerdasan teknologi dalam menghadapinya agar pembelajaran tetap efektif dan efisien. Mata kuliah wajib umum Bahasa Indonesia memiliki orientasi pembelajaran agar mahasiswa memiliki kemampuan keterampilan menulis untuk kepentingan akademik. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dibutuhkan untuk kemajuan mahasiswa dalam menulis karya ilmia seperti makalah, artikel, dan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskirpsikan perencanaan Technology Pedagogic and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai MKWU di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2) mendeskripsikan pelaksanaan TPACK dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai MKWU di UIN Jakarta, 3) mendeskripsikan hambatan dan solusi pemanfaatan TPACK dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai MKWU di UIN Jakarta. Bentuk dan strategi penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang diperoleh berdasarkan pada sumber dokumen yakni RPS dan silabus, observasi pasif yakni pengamatan langsung yang dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan, dan hasil wawancara informan yakni dosen. Data ini kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi sumber data.

Adapun hasil yang diperoleh yaitu 1) Perencanaan TPACK ditemukan penggunaan teknologi telekonferensi Google Meet, Zoom, RADAR (Rapat Daring), media komunikasi seperti WhatsApp, media edukasi seperti KBBI daring, Mendeley, VosViewer, dan Publish or Perish, media sosial seperti Instagram, dan Facebook, serta media sumber video berasal dari YouTube. Selain itu, kategori media pembelajaran seperti Quizizz, Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, dan Google Jamboard, media kelas daring seperti Google Clasroom dan Google Form. 2) Pada pelaksanaan TPACK pada mata kuliah umum bahasa Indonesia, teknologi Mendeley dan Publish or Perish digunakan dalam pembelajaran notasi ilmiah dan perencanaan karangan, PoP digunakan untuk mencari referensi ilmiah karangan, VosViewer digunakan untuk menentukan topik, dan Quizziz digunakan oleh dosen untuk evaluasi materi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia. 3) Hambatan yang ditemukan yaitu kesulitan mahasiswa dalam  memilih topik, tema, dan latar belakang pada materi perencanaan karangan. 4) Solusi yang ditemukan pada kendala materi perencaan karangan, dosen memberikan tugas artikel jurnal berupa kelompok dan memberikan kesempatan mahasiswa untuk melaksanakan bimbingan menggunakan media WhatsApp serta dosen mempraktikan langsung secara bertahap mulai dalam penyusunan topik, tema hingga latar belakang.

×
Penulis Utama : Muhamad Viqi Rifai
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S842002024
Tahun : 2022
Judul : Implementasi Technological Pedagogical and Content Knoledge (TPACK) pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Universitas Islam Negeri Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Kata kunci: Technology Pedagogy and Content Knowledge, TPACK, Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia, Perguruan Tinggi, UIN Jakarta
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://DOI: http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i12.3155
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum
Penguji : 1. Dr. Raheni Suhita, M. Hum
2. Dr. Edy Suryanto, M.Pd.
Catatan Umum : tesis ini telah dipublikasikan dalam jurnal IJMMU Volume 8 Nomor 12 tahun 2021
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.