Penulis Utama : Denia Amanda Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0317012
Tahun : 2022
Judul : Politeness Strategies of Directives to Jojo in "Jojo Rabbit" Film
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam menyampaikan tindak tutur direktif, penutur perlu menggunakan strategi tertentu untuk menyelamatkan reputasi mitra tutur dan mencapai tujuan percakapan. Oleh karena itu, strategi kesantunan digunakan untuk menghindari tindakan mengancam muka. Penelitian ini meneliti jenis tindak tutur directive yang disampaikan mitra tutur pada Jojo sebagai tokoh utama dalam film Jojo Rabbit dan mengklasifikasikan strategi kesantunan dari direktif yang ditemukan.

Data dalam bentuk tuturan direktif dikumpulkan. Data yang dikumpulkan lalu dianalisis menurut tipe direktifnya dan dikelompokkan berdasarkan tipe strategi kesantunannya. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema budaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh tipe direktif ditemukan dari 122 data yang diperoleh. Tipe direktif yang ditemukan adalah pertanyaan, permintaan, saran, perintah, tantangan, larangan, dan permohonan. Pertanyaan adalah tipe direktif yang paling banyak ditemukan karena penutur sering kali bertanya tentang kondisi Jojo atau pendapat Jojo tentang suatu hal. Direktif yang ditemukan tersebar di seluruh struktur naratif dalam film dan konteks situasi antar penutur dan mitra tutur sebagai sumber data.

Selanjutnya, strategi kesantunan yang ditemukan dalam film adalah bald on record atau tanpa strategi, strategi kesantunan positif, dan strategi kesantunan negatif. Strategi kesantunan yang paling banyak digunakan adalah bald on record atau tanpa strategi dengan 59 data. Lalu diikuti dengan strategi kesantunan positif dengan 51 data dan strategi kesantunan negatif dengan 12 data. Bald on record atau tanpa strategi digunakan paling banyak ketika penutur mengajukan pertanyaan pada Jojo. Direktif “pertanyaan” juga ditemukan paling banyak ketika penutur menggunakan strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover dan daftar isi saja.pdf
CHAPTER I.pdf
CHAPTER 2.pdf
CHAPTER 3.pdf
CHAPTER 4.pdf
CHAPTER 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Dwi Priyanto, S.S., M.C.A.L.L.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya