Penulis Utama : Iyan Erik Reinaldi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216033
Tahun : 2022
Judul : Disfemisme dalam Komentar Unggahan Akun Instagram @Kompas.com
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Iyan Erik Reinaldi. B0216033. 2021. “Disfemisme dalam Komentar Unggahan Akun Instagran @Kompas.com”. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

            Permasalahan yang dibatasi dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk disfemisme dalam komentar unggahan akun Instagram @Kompas.com? dan (2) bagaimana fungsi penggunaan disfemisme dalam komentar unggahan akun Instagram @Kompas.com?

            Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yaitu (1) Mendeskripsikan bentuk disfemisme dalam komentar unggahan akun Instagram @Kompas.com, dan (2) Mendeskripsikan fungsi penggunaan disfemisme dalam komentar unggahan akun Instagram @Kompas.com.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Akun Instagram @Kompas.com. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode simak dan catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode agih dengan teknik urai unsur langsung.

            Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini meliputi dua hal, yaitu: (i) terdapat empat bentuk penggunaan disfemisme, yaitu disfemisme berupa kata, disfemisme berupa frasa, disfemisme berupa kalimat, dan disfemisme berupa klausa. (ii) terdapat sembilan fungsi penggunaan disfemisme, yaitu fungsi untuk menyindir, mengumpat, mengungkapkan kekesalan, menghina, melebih-lebihkan sesuatu, menunjukkan ketidaksepakatan, menunjukkan rasa kagum, mengungkapkan keterkejutan, dan untuk mengingatkan atau menasihati.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M. Hum.
2. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya