Penulis Utama : Liana Bella Setyani
NIM / NIP : K6416029
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Relevansi/ kesesuaian Materi LKPD PPKn dengan kompetensi dasar di SMA Negeri Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. 2) Dampak penggunaan Lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap ketercapaian kompetensi siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen dan arsip. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, Analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan metode.

Simpulan hasil penelitian: 1) Revelansi kompetensi dasar dengan Indikator pencapaian kompetensi tidak terwujud dengan baik. Kompetensi dasar menggunakan kontek kata kerja operasional berjenis C4 sementara IPK mengarah kepada C2. Sehingga mengalami penurunan dari kompetensi dasar. Selanjutnya terkait pada Relevansi/kesesuaian Materi LKPD PPKn dengan kompetensi dasar di SMA Negeri Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar bahwa terdapat perbedaan pembahasan kompetensi antara kompetensi dasar, dengan Indikator pencapaian Kompetensi.  2) Dampak penggunaan Lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap ketercapaian kompetensi siswa yaitu Dampak positif  meliputi adalah siswa mudah dalam mempelajari materi tersebut dan bisa mendapatkan nilai yang baik/ tuntas sesuai KKM yang ditetapkan disekolahan, siswa lebih paham terhadap materi yang dibahas sehingga hal tersebut dapat meningkatkan nilai siswa, bisa menambah rasa ingin mengerjakan soal, lebih mudah paham daripada dijelaskan dengan lisan, mudah di pahami saat yang di sampaikan oleh guru tersebut terdapat penjelasan atau petunjuk cara cara untuk mengerjakan, Lebih memahami IT karena LKPD sekarang banyak yang Online maka saya banyak belajar menggunakan Aplikasi seperti Word dan dapat cepat memahami pengertian materi yang disampaikan. Dampak negatif yang muncul antara lain katercapaian kompetensi siswa yang masih rendah, siswa  merasa jenuh,banyak materi yang harus diselesaikan dengan batas waktu yang telah ditentukan, siswa mudah bosan, terdapat kesulitan saat untuk memahami karena tidak semua bisa di pahami lewat lebar LKPD, kurang mengetahui apa saja isi penjabarannya karena di dalam LKPD/LKS hanya berisi tentang Garis tebal nya (sudah di rangkum) dan jika menggunakan LKPD tidak bisa melihat video yang bersangkutan dengan materi yang disampaikan.

Kata Kunci: Relevansi, Lembar Kerja Peserta Didik, Kompetensi Dasar

×
Penulis Utama : Liana Bella Setyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416029
Tahun : 2022
Judul : Studi Relevansi Isi Materi Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Kompetensi Dasar (Studi di SMA Negeri Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Relevansi, Lembar Kerja Peserta Didik, Kompetensi Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Machmud Al-Rasyid, S.H., M.Si
2. Wijianto, S.Pd., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Rini Triastuti, S.H., M.Hum
2. Yudi Ariana., S.H., M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.