Penulis Utama : Fitria Dewi Anggraeni
NIM / NIP : S031908005
×

Hasil survei UNICEF pada tahun 2020 menyebutkan bahwa sebanyak 66 persen dari 60 juta siswa dari berbagai jenjang pendidikan di 34 propinsi mengaku tidak nyaman belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Hal tersebut diperkuat dari hasil survei IPNU Jatim sebanyak 92,29 persen pelajar Jatim yang menjadi responden survei, menginginkan metode belajar daring yang lebih kreatif dan inovatif. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran daring harus dikemas dengan kreatif agar siswa bersemangat dalam belajar, misalnya menggunakan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group seperti yang sudah dilakukan di SDN 1 Jarakan Tulunggung. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penggunaan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group, 2) menjelaskan pendukung, penghambatan, dan solusi penggunaan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group pada pembelajaran IPA materi magnet, 3) menganalisis motivasi belajar IPA materi magnet dengan menggunakan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group.

Jenis penelitian ini adalah penelitihan kualitatif dengan strategi studi kasus dengan melihat kekhususan dan keunikan yang ada pada sekolah yang dijadikan objek penelitian. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif (Miles dan Huberman) diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian penggunaan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group diawali dengan pengkondisian siswa (student conditioning) di WhatsApp Group, pemberian materi oleh guru di WhatsApp Group, mengerjakan soal-soal di Aplikasi Quizizz. Hal tersebut memiliki beberapa hambatan diantaranya yaitu pengkondisian peserta didik (student conditioning), kecocokan jawaban siswa dengan jawaban yang sudah di tentukan guru, dan jaringan internet. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian ini menunjukkan bahwa persentase peserta didik dengan motivasi tinggi hingga sangat tinggi pada penggunaan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group memiliki motivasi dengan presentase terbesar dibanding yang lain yaitu 57,15%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Quizizz berbantuan WhatsApp Group dapat menumbuhkan motivasi belajar IPA saat pembelajaran online.

×
Penulis Utama : Fitria Dewi Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031908005
Tahun : 2022
Judul : Analisis Motivasi Belajar IPA dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz Berbantuan Whatsapp Group pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Jarakan Tulungagung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Pembelajaran Online, Quizizz, Whatsapp Group, Motivasi Belajar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://eudl.eu/proceedings/AECon/2020
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd.
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.