Penulis Utama : Dian Aristi Nugraheni
NIM / NIP : S511702002
×

Latar Belakang: Penyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Penggunaan pencitraan dan uji provokatif untuk diagnosis pasien dengan Penyakit Jantung Koroner (PJK) masih menjadi tantangan klinis. Lebih dari setengah pasien Sindrom Koroner Kronik (SKK) memiliki arteri koroner normal atau non obstruktif pada angiografi koroner. ET-1 adalah peptida vasokonstriktor kuat yang berhubungan dengan disfungsi endotel yang merupakan faktor risiko aterosklerotik. GLS ventrikel kiri merupakan teknik yang sensitif dan akurat untuk mengukur fungsi ventrikel kiri. Skor synergy between percutaneous coronary intervention with taxus and cardiac surgery (SYNTAX) I saat ini telah dikembangkan untuk mengevaluasi derajat keparahan dari lesi koroner, alat stratifikasi risiko pada PJK dan memprediksi outcome klinis pada berbagai kriteria pasien yang menjalani Intervensi Koroner Perkutan (IKP) yang diduga dapat diprediksi dari nilai biomarka Endothelin-1 dan GLS Ventrikel Kiri.
Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan antara kadar Endothelin-1, GLS Ventrikel Kiri  dengan Skor SYNTAX-1 pada pasien SKK.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang dilakukan pada bulan Februari sampai April 2021 terhadap pasien SKK yang akan dilakukakan kateterisasi jantung di Rumah Sakit Dr. Moewardi. Pemeriksaan darah dan ekokardiografi transtorakal dilakukan pada semua pasien. Untuk mengetahui hubungan antara Endothelin-1 dengan Skor SYNTAX-1  dan GLS Ventrikel Kiri  dengan Skor SYNTAX-1  digunakan uji korelasi Product Moment Pearson jika distribusi data normal, jika distribusi data tidak normal digunakan analisis statistik Rank Spearman. Untuk mengetahui hubungan Endothelin-1 dan GLS Ventrikel Kiri secara bersama-sama terhadap Skor SYNTAX-1 digunakan statistik korelasi ganda.
Hasil: Melibatkan 63 pasien dengan rerata usia 57 ± 9 tahun. Kadar Endothelin-1 dan Skor SYNTAX-1   memiliki hubungan positif yang bermakna pada derajat signifikansi sebesar 5% (p< 0 xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan : Terdapat hubungan kadar Endothelin-1 dan GLS Ventrikel Kiri secara bersama-sama pada pasien SKK dengan Skor SYNTAX-1. Terdapat hubungan antara kadar Endothelin-1 dengan Skor SYNTAX-1 pada pasien SKK. Terdapat hubungan antara kadar GLS Ventrikel Kiri dengan Skor SYNTAX-1 pada pasien SKK.

Kata kunci: Endothelin-1, GLS Ventrikel Kiri, Skor SYNTAX-1, Sindrom Koroner Kronik.

 

×
Penulis Utama : Dian Aristi Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S511702002
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Antara Endothelin-1 dan Global Longitudinal Strain (GLS) Ventrikel Kiri Dengan Skor Syntax-1 pada Pasien Sindrom Koroner Kronik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : PPDS Jantung dan Pembuluh Darah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S511702002
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr.Ahmad Yasa, Sp.JP(K), M.Kes
2. Dr. dr. Trisulo Wasyanto, Sp.JP (K) FIHA, FAPSC, FasCC
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.