Penulis Utama : Sofina Kusnadi
NIM / NIP : S511702003
×

Latar Belakang: Gagal jantung merupakan masalah kesehatan progresif dengan angka mortalitas dan morbiditas yang tinggi. Sekitar setengah dari pasien gagal jantung memiliki fraksi ejeksi ventrikel kiri yang terjaga. Volume ventrikel kiri dapat bertransformasi dari elips menjadi sferis akibat remodeling. Pemeriksaan indeks sferisitas secara 3 dimensi merupakan parameter yang cukup baru untuk menilai modifikasi geometri pada ventrikel kiri. Soluble Supression of Tumorigenicity 2 (sST2) adalah anggota famili interleukin-1 receptor (IL-1). Sekresi sST2 meningkat berkaitan dengan peningkatan derajat fibrosis miokard, berkembangnya remodeling ventrikel kiri, serta berkaitan dengan prognosis buruk.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara kadar sST2 dengan indeks sferisitas ventrikel kiri pada gagal jantung fraksi ejeksi terjaga serta mengetahui perbedaan kadar sST2 antara pasien dengan indeks sferisitas yang lebih tinggi dibanding yang lebih rendah.  
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang dilakukan pada bulan April sampai Mei 2021 terhadap pasien gagal jantung fraksi ejeksi terjaga yang datang ke Rumah Sakit Dr. Moewardi. Pemeriksaan darah dan ekokardiografi dilakukan pada semua pasien. Untuk mengetahui hubungan antara sST2 dengan indeks sferisitas ventrikel kiri pada pasien gagal jantung fraksi ejeksi terjaga dilakukan uji korelasi Product Moment Pearson jika distribusi data normal, jika distribusi data tidak normal digunakan analisis statistik Rank Spearman. Dilakukan juga uji beda nilai soluble ST2 dan indeks sferisitas ventrikel kiri antara yang memiliki indeks sferisitas ventrikel kiri tinggi dan rendah.
Hasil: Melibatkan 40 pasien gagal jantung fraksi ejeksi terjaga. Kadar soluble ST2 dan indeks sferisitas ventrikel kiri pada pasien gagal jantung fraksi ejeksi terjaga memiliki hubungan positif yang bermakna dengan keeratan hubungan dalam kategori tinggi (r=0,629, p<0>Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kadar sST2 dengan indeks sferisitas ventrikel kiri pada HFpEF dan terdapat perbedaan antara pasien HFpEF dengan indeks sferisitas yang lebih tinggi dibanding yang lebih rendah  

Kata Kunci: gagal jantung fraksi ejeksi terjaga, sST2, indeks sferisitas ventrikel kiri

 

×
Penulis Utama : Sofina Kusnadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S511702003
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Antara Soluble Supression of Tumorigenicity 2 (SST2) Dengan Indeks Sferisitas Ventrikel Kiri pada Gagal Jantung Fraksi Ejeksi Terjaga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : PPDS Jantung dan Pembuluh Darah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S511702003
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Trisulo Wasyanto, Sp.JP (K) FIHA, FAPSC, FasCC
2. Niniek Purwaningtyas, dr., SpJP(K), FIHA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.