Penulis Utama : Vian Tri Hardiat Moko
NIM / NIP : K7116518
×

ABSTRAK
Vian Tri Hardiat Moko. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 3 REJAMULYA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2021.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang, (2) Meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang, melalui penerapan model discovery learning, (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dengan enam kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Rejamulya pada tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 25 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjakan bahwa: (1) penerapan model discovery learning dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun ruang dilaksanan dengan langkah: (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing, (e) verification, dan (f) generalization; (2) penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rejamulya tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan presentase rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 88 %, siklus II sebesar 96%; (3) kendala yang dialami yaitu: (a) pada saat pembelajaran siswa kurang aktif bertanya, (b) siswa bermain sendiri saat kerja kelompok, (c) siswa mengganggu kelompok lain, (d) siswa masih bingung ketika melakukan presentasi. Solusinya yaitu: (a) memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif bertanya saat pembelajaran, (b) mengarahkan siswa untuk ikut berpartisipasi pada saat kerja kelompok, (c) memberikan teguran kepada siswa yang mengganggu kelompok lain dan berkeliling untuk mengkondisikan kelas, (d) guru memberikan intruksi kepada siswa sebelum melakukan presentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rejamulya tahun ajaran 2021/2022.

 

×
Penulis Utama : Vian Tri Hardiat Moko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116518
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 3 Rejamulya Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Matematika, Hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, S.Pd, M.Pd
2. Moh Salimi, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.