Penulis Utama : Adelia Tina Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0417002
Tahun : 2022
Judul : Peran Majalah Soerya sebagai Media Informasi Masyarakat Surakarta pada Masa Mangkunegara VII Tahun 1935-1941
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0417002
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengangkat tema pers pada awal abad ke-20 di lingkungan Praja Mangkunegaran Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui             (1) Latar belakang lahirnya Majalah Soerya di lingkungan Praja Mangkunegaran, (2) Dinamika Majalah Soerya pada tahun 1935 sampai dengan tahun 1941, dan       (3)  Peran majalah Soerya sebagai media informasi masyarakat Surakarta pada masa Mangkunegara VII tahun 1935 sampai dengan tahun 1941.
 Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah  metode historis yang terdiri dari empat tahap, antara lain : heuristik (pengumpulan sumber), kritik (terdiri dari kritik intern dan ekstern), interpretasi (analisis data), dan terakhir yaitu historiografi (penulisan sejarah). Sumber primer penelitian ini menggunakan arsip Majalah Soerya, arsip Paguyuban Moelat Sarira yang berada di Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran, dan surat kabar sejaman koran De Locomotief. Sumber sekunder dalam penelitian ini menggunakan buku-buku yang berada di Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran.
Hasil dari penelitian ini yaitu Majalah Soerya merupakan majalah yang diterbitkan oleh Paguyuban Moelat Sarira di lingkungan Praja Mangkunegaran pada masa pemerintahan Mangkunegara VII. Majalah Soerya mulai diterbitkan pada bulan April tahun 1935 dan berhenti terbit pada bulan Maret tahun 1941. Majalah Soerya merupakan majalah yang ditulis dalam tiga bahasa yaitu bahasa Jawa, Belanda, dan Melayu. Majalah Soerya merupakan media informasi yang ditulis dan disusun oleh golongan terpelajar Praja Mangkunegaran Surakarta dan disampaikan kepada masyarakat Surakarta. Majalah Soerya memuat rubrik- rubrik, antara lain : Suara Persatuan Moelat Sarira, Berita dalam lingkungan Praja Mangkunegaran, Pendidikan, Kebudayaan Jawa, Artikel dari tokoh terpelajar, Warna-warta, Hiburan, Iklan, Pawartos Nglebet Nagari, Pawartos Ndjawi Nagari, Ringkesan Kabar Tilgram, dan Sayembara Soerya.
Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Majalah Soerya diterbitkan oleh organisasi di lingkungan Praja Mangkunegaran. Majalah Soerya berperan sebagai media informasi dalam bidang pendidikan, sosial, dan budaya bagi masyarakat Surakarta. Majalah Soerya memiliki tujuan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat Surakarta dan melakukan pelestarian kebudayaan Jawa.
Kata Kunci : Pers, Paguyuban Moelat Sarira, Majalah Soerya.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
BAB III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati S.S., M.Hum.
2. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya