Penulis Utama : Hasna Fadila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116030
Tahun : 2022
Judul : Perbedaan Tingkat Kecerdasarn Emosi Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Hasna Fadila. PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSI  DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MAGETAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. September 2021.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mencari perbedaan  kecerdasan emosi ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Magetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pennelitian komparasi. Subjek penelitian ini peserta didik kelas SMP Negeri 3 Magetan yang berjumlah 121 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan  pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji beda independent sample t-test yang menggunakan SPSS.

Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMP Negri 3 Magetan berada pada kategori sedang. Pada kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 siswa), “kurang” sebesar 33,33% (2 siswa), “baik” sebesar 38,33% (23 siswa), dan “sangat baik” sebesar 58,33% (35 siswa). Siswa perempuan berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 siswa), “kurang” sebesar9,84% (6 siswa), “baik” sebesar 83,61% (51 siswa), dan “sangat baik” sebesar6,56% (4 siswa).

Hasil pengujian hipotesis menyatakan terdapat perbedaan tingkat kecerdasan emosi antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Kesimpulan  penelitian  ini adalah mayoritas peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Magetan  memiliki  kecerdasan emosi yang berada pada klasifikasi sedang pada kelima aspeknya yaitu; mengenali diri, mengelola diri, memotivasi kecerdasan emosi  diri, mengenali kecerdasan emosi  orang lain dan membina.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II.pdf
BAB III.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad H, M.Pd
2. Adi Dewantoro, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP