Penulis Utama : Febrian Wahyuliastanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518036
Tahun : 2021
Judul : Sistem Informasi Pelayanan Baca Meter Melalui Aplikasi Sicater di Perumda Air Minum “Tirta Dharma Purabaya” Kabupaten Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518036
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem informasi pada sebuah perusahaan mengalami peningkatan yang sangat pesat. Akibat dari tingkat kebutuhan yang semakin beragam maka berkembanglah sebuah sistem informasi yang berbeda. Dalam hal ini maka diperlukan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan peningkatan dan menciptakan inovasi pelayanan publik secara prima semata-mata untuk mempermudah penyelesaian suatu proses pekerjaan agar lebih cepat dan efisien. Dengan adanya sistem informasi menggunakan Sicater ini akan sangat membantu memberikan pelayanan yang maksimal terkait dengan pencatatan stand meter air dan memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan dengan memberikan data yang lebih akurat serta demi kemajuan sistem informasi di Perumda Air Minum “Tirta Dharma Purabaya” Kabupaten Madiun, sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi yang dapat digunakan untuk laporan pemakaian rekening air setiap bulannya dengan tepat waktu. Pengamatan ini dilakukan di Perumda Air Minum “Tirta Dharma Purabaya” Kabupaten Madiun, yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan sistem informasi berupa Sicater di Perumda Air Minum “Tirta Dharma Purabaya” Kabupaten Madiun sebagai inovasi pelayanan baca meter pada pelanggan.
Untuk mendeskripsikan pada Bab IV penulis mengacu pendapat dari Kadir (2003) mengenai unsur atau komponen sistem informasi. Jenis pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada pokok permasalahan yaitu bagaimana sistem informasi pelayanan baca meter melalui aplikasi Sicater di Perumda Air Minum “Tirta Dharma Perabaya” Kabupaten Madiun, sehingga penulis dapat manggambarkan dan menganalisa data yang ada dalam proses sistem informasi pelayanan baca meter. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pengamatan pada Perumda Air Minum “Tirta Dharma Purabaya” Kabupaten Madiun dapat diambil bahwa proses sistem informasi pelayanan baca meter dilihat dari unsur atau komponen, dapat dibedakan menjadi komponen yaitu masukan (input) dengan memasukkan stand meter terkini pada tiap pelanggan dan menyesuaikan keterangannya, proses (process) pada sistem informasi pelayanan baca meter dengan memverifikasi atau mengecek data hasil dari baca meter dan keluaran (output) berupa hasil dari masukan dan proses pada sistem informasi pelayanan baca meter yaitu DRD (Daftar Rekening Ditagih) untuk laporan pemakaian rekening air setiap bulannya.

Kata kunci : Sistem Informasi, baca meter, Sicater

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi