Penulis Utama : Elza Mutiara Putri
NIM / NIP : I0117042
×

Seiring  dengan  perkembangan  zaman,  manusia  melakukan  pergerakan  dari  satu tempat ke tempat lain untuk mencukupi kebutuhan setiap individu, seperti bekerja, sekolah, belanja, rekreasi, hiburan, dan masih banyak lagi. Setiap pergerakan yang ditimbulkan  maka  akan  menyebabkan  kemacetan,  kelambatan,  kebisingan,  serta polusi udara. Sehingga, dilakukan perencanaan transportasi menggunakan MAT (Matriks Asal Tujuan) dengan pemodelan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai parameter ? menggunakan model Gravity dengan metode Entropi Maksimum dan fungsi hambatan eksponensial negatif.
Penelitian  ini  dilakukan  di  Kabupaten  Sukoharjo  yang  di  mana  termasuk  dalam bagian   karesidenan   Kota   Surakarta.   Selain   itu,   pembagian   zona   dilakukan berdasarkan jumlah kecamatan yaitu 19 zona internal dan 12 zona eksternal. Estimasi MAT ini dilakukan menggunakan model Gravity dan dibantu dengan program EMME/3, serta pada model Gravity ini terdapat nilai parameter ? yang berfungsi sebagai penentu besarnya nilai sebaran pada setiap zona. Metode yang digunakan untuk memperoleh nilai parameter ? menggunakan metode kalibrasi Newton- Raphson. Nilai arus lalu lintas yang dihasilkan akan dibebankan pada pembebanan User Equilibrium yang menghasilkan volume lalu lintas pada setiap ruas jalan, yang selanjutnya menghitung tingkat validitas menggunakan koefisien determinasi (R2 ).
Hasil dari pemodelan menunjukkan uji validitasnya sangat tinggi yaitu nilai R 2 sebesar 0,8083 sehingga dinyatakan bahwa arus lalu lintas hasil pemodelan itu mendekati  sama  dengan  arus  lalu  lintas  hasil  traffic  count,  dan  besaran  nilai parameter ? dari perhitungan Kalibrasi Newton-Raphson sebesar 0,080 yang dihitung menggunakan program Microsoft Excel. Sedangkan estimasi pergerakan dengan model Gravity sebesar 16366 smp/jam dengan total pergerakan yang terbesar dihasilkan  dari  zona eksternal  menuju  ke zona  eksternal  sebesar 10909  smp/jam (66,68%).

Kata Kunci :MAT, Metode EntropiMaksimum, MS. Excel, Model Gravity,EMME/3

×
Penulis Utama : Elza Mutiara Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117042
Tahun : 2021
Judul : Estimasi Parameter pada Model Gravity Dengan Metode Entropi-Maksimum dan Fungsi Hambatan Eksponensial Negatif (Studi Kasus Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117042
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Eng. Ir. Sya?'i, M.T.
2. Slamet Jauhari Legowo, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.