Penulis Utama : Hendra Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2517032
Tahun : 2021
Judul : Analasis Ketidakjujuran Akademik Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2517032
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pendidikan tidak hanya ditujukan untuk transfer ilmu dan pengetahuan, namun juga karakter sumber daya manusia. Ketidakjujuran akademis pada level perguruan tinggi dianggap mempengaruhi integritas lulusan saat memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indikator ketidakjujuran akademik, Penyebab ketidakjujuran akademik, serta solusi yang tepat untuk mengatasi ketidakjujuran akademik mahaiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif positivistik. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan bentuan Google form. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2017 yang berjumlah 61 mahasiswa, dan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 yang berjumlah 56 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode  angket dan instrument kuisioner. Validitas dan Reliabilitas data menggunakan bantuan suatu perangkat lunak pengolah data. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indikator ketidakjujuran akademik mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Sebelas Maret adalah bekerjasama ketika ujian dan mengerjakan tugas, copy paste tugas, tidak melaporkan kecurangan dikelas, membuka telepon genggam untuk browsing selama ujian, dan presensi palsu. Penyebab ketidakjujuran akademik adalah belum siap menghadapi ujian, soal ujian dan tugas berat, kurang tegasnya pengawas, mayoritas mahasiswa melakukannya, tidak adanya aturan dan hukuman yang tegas. Solusi untuk mengatasi ketidakjujuran akademik adalah teguran pada saat melanggar, mempertegas pengawas, membuat mayoritas mahasiswa berhenti melakukan kecurangan, membuat situasi kelas tidak memungkinkan untuk berbuat kecurangan, larangan membawa telepon genggam dan memeberi jarak tempat duduk saat ujian, memastikan kesiapan mahasiswa menghadapi ujian. Dalam hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk upaya penanganan dan pencegahan ketidakjujuran akademik pada pendidikan guru secara umum.

Kata kunci: Ketidakjujuran Akademik, Indikator, Penyebab, Solusi, Mahasiswa PTM UNS

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar .M.,Pd
2. Dr. Indah Widiastuti, M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP