Penulis Utama : Yuliani
NIM / NIP : K7715058
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Peer Teaching pada pembelajaran Spreadsheet.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilaksanakan dalam dua siklus yang mana setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1
Surakarta  yang  berjumlah  14  siswa.  Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Aktivitas keaktifan yang diamati meliputi visual activities,   listening   activities,   oral   activities,  motor   activities,   dan  mental activities. Indikator kinerja penelitian yang diterapkan adalah seluruh siswa atau sebanyak 14 siswa mendapat kategori keaktifan belajar minimal aktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning kombinasi Peer Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran spreadsheet. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria keaktifan pada kategori aktif. Pada tahap pra tindakan siswa yang belum mencapai kategori Aktif pada visual activities sebanyak 13 siswa, listening activities sebanyak 10 siswa, oral activities sebanyak 9 siswa, motor activities sebanyak 6 siswa, dan mental activities sebanyak 8 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa yang aktif pada visual activities, listening activities, dan oral activities. Peningkatan juga terjadi pada seluruh aktivitas yang diamati pada siklus II dimana sebanyak 14 siswa telah mencapai kategori keaktifan Aktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Peer Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Spreadsheet kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa pada setiap siklusnya.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Peer Teaching, Keaktifan Belajar, Spreadsheet.

 

×
Penulis Utama : Yuliani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7715058
Tahun : 2021
Judul : Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Peer Teaching pada Pembelajaran Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7715058
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus
2. Jaryanto S.Pd.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.