Penulis Utama : Dita Anindya Handini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017138
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Pemungutan Pajak Penghasilan Dalam Kegiatan Endorsement Berdasarkan Undang-Undang No- Mor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017138
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengkaji dua pokok permasalahan, pertama bagaimana pertimbangan penetapan kegiatan endorsement menjadi Objek Pajak Pengahasilan menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. Kedua, bagaimana implementasi pengaturan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan terhadap kegiatan endorsement.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif yang berfungsi untuk mengkaji terkait pertimbangan yang mendasari kegiatan endorsement dijadikan Objek Pajak Penghasilan serta penerapan pengaturan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan terhadap kegiatan endorsement. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi dokumen yaitu pengumpulan data dengan cara membaca, mengkaji, dan membuat catatan dari buku-buku, peraturan perundang- undangan, dokumen serta tulisan yang berhubungan dengan Pemungutan Pajak Penghasilan terhadap kegiatan endorsement, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa belum ada spesifikasi khusus untuk go- longan penghasilan Endorser, penggolongan kategori terhadap Endorser tergantung terhadap hasil penilaian profesi oleh Kantor Pelayanan Pajak, hal ini membuat petu- gas pajak dapat melakukan penilaian secara tidak objektif, sehingga dapat me- nyebabkan tidak adanya kepastian hukum yang jelas. Maka dari itu, perlu adanya aturan khusus mengenai pengenaan PPh penghasilan kegiatan endorsement secara lebih tegas, khususnya dalam kategori penggolongan penghasilan Endorser. Direktorat Jenderal Pajak dalam mengawasi pemungutan pajak dari penghasilan kegiatan endorsement, perlu kerja sama dengan beberapa pihak atau instansi terkait.


Kata Kunci : Endorser, Kegiatan Endorsement, Pajak Penghasilan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wasis Sugandha, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum