Penulis Utama : Dayandra Tyasti Kirana
NIM / NIP : D0217029
×

Dayandra Tyasti Kirana, D0217029,  2021. “Penggunaan #mbbsd oleh Fandom Monbebe sebagai Bentuk Self disclosure pada Media Sosial Twitter”. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Kehadiran media sosial bermanfaat bagi sebagian besar masyarakat sebagai sarana berinteraksi kepada sesama tanpa adanya batasan jarak serta waktu. Twitter, platform yang memiliki beberapa fitur seperti follow, following, tweet, retweet, quote retweet, mention, direct message, space, dan lainnya turut dimanfaatkan oleh penggemar genre musik k-pop untuk mendapatkan informasi terbaru seputar idol kesukaan mereka serta berinteraksi dengan sesama fans. Penelitian berfokus pada sikap membuka diri yang dilakukan secara online dengan menerapkan dimensi-dimensi self disclosure dan untuk mengetahui pemanfaatan dari penggunaan #mbbsd pada media sosial Twitter sebagai wadah membuka diri (self disclosure) oleh fandom Monbebe. 

Mengacu pada definisi dari Person, self disclosure ialah seseorang secara sadar dan sukarela membagikan informasi bersifat pribadi kepada orang lain. Teori tersebut berhubungan dengan sikap pembukaan diri yang dilakukan oleh Monbebe saat berpartisipasi dalam #mbbsd. Dibuktikan melalui unggahan foto pribadi mereka yang kemudian disandingkan milik idol. Persiapan lain yang dilakukan ialah membuat caption hingga melakukan berbagai proses edit agar konten terlihat menarik.

Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi dan wawancara secara mendalam (indepth interview). Tipe uji validitas data triangulasi metodologis untuk mendapatkan data valid dilakukan dengan studi dokumentasi dan wawancara mendalam melalui media WhatApps dan DM pada Twitter. 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil jika alasan informan dalam melakukan pembukaan diri secara online karena merasa nyaman dan mendapat respon positif. Sesuai dengan fungsi self disclosure oleh Darlega & Grzelak pada poin ekspresi. Pada pandangan mereka dijelaskan jika individu merasa kesal dan kecewa cara untuk menghilangkannya ialah dengan membagikan informasi pribadi kepada orang lain sehingga perasaannya membaik. Lalu mengenai #mbbsd yang dipartisipasi setiap bulan oleh Monbebe disetujui oleh informan sebagai wadah melakukan self disclosure pada media sosial. Karena pada agenda tersebut individu menampilkan wajah asli yang biasanya tidak ditunjukkan di Twitter

×
Penulis Utama : Dayandra Tyasti Kirana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217029
Tahun : 2022
Judul : Fandom Idol K-Pop dalam Menggunakan Media Sosial Twitter
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Twitter, self disclosure, #mbbsd
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.