Penulis Utama : Aninda Gita Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518011
Tahun : 2021
Judul : Prosedur Pengadaan Bahan Baku Produksi pada PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518011
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta merupakan perusahaan textile manufaktur yang melakukan kegiatan Produksi yakni mengolah bahan baku yang berupa benang dan chemical menjadi kain grey atau diolah kembali menjadi kain bermotif dan pakaian jadi.  Oleh karenanya perusahaan melakukan kegiatan pengadaan bahan baku guna melaksanakan proses produksinya. Pengamatan dalam Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Prosedur Pengadaan Bahan Baku Produksi di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.
Pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode dengan cara mendeskripsikan secara rinci mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan narasumber yaitu pegawai PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta, observasi berperan aktif dan dan mengkaji dokumen arsip untuk mengumpulkan data dan informasi untuk mendukung pengamatan tentang permasalahan yang di ambil oleh penulis.
Hasil pengamatan ini menunjukan bahwa Pengadaan Bahan Baku produksi telah berjalan dengan cukup baik  sesuai dengan Prosedur yang telah ditetapkan. Adapun Prosedur Pengadaan Bahan Baku Produksi dimulai dari tahapan pembelian bahan yang dimulai dari menentukan bahan yang akan dibeli, persetujuan Penawaran harga dan difinalisasi dengan adanya kontrak dengan supplier yang telah menjadi mitra perusahaan. Kemudian berlanjut membuat surat Order Pembelian (OP), selanjutnya tahapan penerimaan bahan yang dimulai dari pengecekan dokumen dan barang, membuat Laporan Penerimaan barang (LPB), mengupdate kartu stock dan menyimpan bahan, selanjutnya tahapan  pengeluaran bahan yang bermula dari permintaan dari bagian produksi, pengeluaran bahan, membuat Bukti barang keluar (BBK) dan mengupdate kartu stock  dan tahapan yang terakhir adalah tahap  pembayaran yakni verifikasi dokumen, membuat jurnal dan membayar sesuai jatuh tempo. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perusahaan antara lain ketidaksesuaian kualitas barang yang datang dengan apa yang dipesan oleh perusahaan dalam surat Order Pembelian (OP).

Kata kunci: Prosedur pengadaan, Bahan baku, Produksi

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi