Penulis Utama : Retyan Adi Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518075
Tahun : 2021
Judul : Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa di PT Inka Multi Solusi Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518075
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT INKA Multi Solusi Madiun adalah anak perusahaan PT Industri Kereta Api (Persero) yang bergerak di bidang jasa manufaktur produk perkeretaapian dan transportasi darat. Dalam menghasilkan produk dan jasanya PT INKA Multi Solusi melakukan pengadaan/pembelian barang dan jasa yang digunakan untuk menunjang kegiatan produksi. Bahan yang digunakan untuk proses produksi tidak semuanya dimiliki oleh perusahaan oleh karena itu perusahaan harus membeli bahan ke pihak lain. Proses pembelian inilah yang disebut sebagai proses pengadaan barang dan jasa di PT INKA Multi Solusi. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pengadaan barang dan jasa yang ada di PT INKA Multi Solusi Madiun.
Pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif yang berdasarkan pada pokok permasalahannya yaitu untuk mengetahui bagaimana Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa di PT INKA Multi Solusi Madiun. Sehingga penulis dapat menganalisa alur kegiatan pengadaan barang dan jasa berdasarkan fakta yang ada di PT INKA Multi Solusi Madiun.
Berdasarkan hasil pengamatan pada PT INKA Multi Solusi Madiun Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa dimulai dari adanya permintaan pembelian dari bagian Produksi kepada bagian Pengadaan lalu staff pengadaan akan membuat daftar calon rekanan, meminta penawaran harga dari para vendor/supplier lalu melakukan negosiasi harga dengan mempertimbangkan beberapa faktor, dan membuat Justifikasi pengadaan yang berisi kesimpulan dan hasil analisa kepada vendor/supplier manakah yang akan dilakukan kontrak, yang nantinya akan diberikan dan dicek oleh atasan, apabila atasan telah setuju dengan hasil analisa yang ada di justifikasi maka proses selanjutnya yaitu membuat kontrak/Purchase Order dengan supplier yang terpilih.

Kata kunci : Prosedur, pengadaan Barang dan Jasa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arinta Kusumawardhani, S.AB, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi