Penulis Utama : Muhammad Abduh Alfaruqie
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : Muhammad Abduh Alfar
Tahun : 2021
Judul : Peran Public Relations Dalam Publikasi dan Pengelolaan Informasi Program Kemitraan Solopos Institute
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Muhammad Abduh Alfaruqie
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Public relations atau Hubungan masyarakat yang sering dikenal oleh masyarakat merupakan sebuah bagian yang tidak bisa berdiri sendiri dan sangat berhubungan dengan pihak-pihak yang lainya baik dalam lingkup internal maupun eskternal disebuah organisasi ataupun perusahaan. Humas dalam perkembangan teknologi dan era digitalasi seperti ini dituntut untuk megikuti trend sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri. Yang biasanya humas memiliki tugas untuk membuat press release kegiatan, menyebarluaskan infrormasi, dan melakukan komunikasi dengan stake holder terkait. Maka dalam era ini seorang public relations harus menggunakan media-media sosial seperi Instagram, Facebook, Website dan portal berita online.
Solopos Institute, merupakan sebuah instansi dibawah Solopos Group yang awalnya adalah Lembaga Pelatihan Jurnalistik Solopos (LPJS) seiring dengan perkembanganya berganti nama menjadi Solopos Institute. Pengalaman yang cukup panjang dalam ranah jurnalistik dan mengelola bisnis ini dibagikan kepada masyarakat luas sebagai bagian dari tanggungjawab Solopos berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Solo Raya. Dalam pekerjaanya Solopos Institute banyak berhubungan dengan stakeholder untuk melaksanakan program kemitraan. Kemudian juga menyelenggarakan kegiatan dalam pengembanga sumber daya manusia seperti kegiatan workshop, diskusi, dan kepelatihan yang lainya.
Penggunaan media sosial instagram digunakan oleh Solopos Institute sebagai salah satu media untuk menyebarluaskan informasi dan publikasi program-program kemitraan. Hal ini dilakukan karena cukup banyak stake holder Solopos Institute yang menggunakan media sosial ini. Kemudian juga media sosial instagram cukup mudah digunakan untuk mengunggah dokumentasi dan informasi berkaitan program yang sudah dirancang oleh perusahaan.
Peran Public relations di Solopos Institute dalam publikasi dan mengelola segela bentuk informasi berkaitan dengan program kemitraan dengan pihak manapun memiliki peran yang cukup strategis. Peran tersebut seperti dalam hal perencanaan pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat sesuai dengan target perusahaan, mengunggah pesan dan memastikan pesan tersebut sampai kepada stake holder yang dituju kemudian harapanya mendapatkan feedback yang bermanfaat bagi perusahaan. Melaksanakan Social media handling juga salah satu tugas yang dilakukan oleh Public relations di Solopos Institute. Kegiatan ini diharapkan mampu untuk mendistribusikan informasi oleh perusahaan kepada masyarakat ataupun sebaliknya. Dalam social media handling keaktifan dan kekreatifan dari seorang humas sangat diharapkan ditambah kembali sudah eranya digitilasi seperti ini.
Oleh karena itu, Public relations dalam perkembangan teknologi dan era digitalisasi harus banyak mengikuti trend sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Peran Public relations dalam publikasi dan pengelolaan informasi dalam program kemitraan memiliki tugas yang cukup strategis. Salah satu tanggung jawabnya yaitu social media handling yang dilakukan Solopos Institute yaitu melakukan komunikasi dengan stake holder eskternal maupun internal perusahaan.

Kata Kunci: Media Sosial, Public Relations, Publikasi, Social media handling

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Novita Haryono, S.Sos. M.I.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi