Penulis Utama : Mustofa Ponco Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017335
Tahun : 2021
Judul : Tinjauan Viktimologi Terhadap Korban Pelecehan Seksual/Sexual Harassment di Media Sosial Instagram
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017335
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama jenis-jenis pelecehan seksual yang bagaimanakah yang dialami oleh korban Kedua, tinjauan viktimologi pelecehan seksual di media sosial instagram, dan Ketiga, tindakan korban terhadap pelecehan yang dialaminya.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil populasi/narasumber yang statusnya sebagai korban pelecehan sebanyak 20 (dua puluh) orang korban, selanjutnya peneliti melaksanakan penelitian tersebut di media sosial instagram.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu, pertama studi kepustakaan yang fokusnya pada membaca dan mempelajari kompilasi dan mendownload bahan-bahan hukum primer dan sekunder, kedua observasi yang fokusnya pada mempelajari perilaku manusia di media sosial instagram, dan ketiga wawancara yang fokusnya pada pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber (korban), selanjutnya teknis analisis data dalam penulisan hukum ini dilakukan secara deskriptif yang bersifat kualiatif. Data kualitatif di dapat dengan cara reduksi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama mayoritas korban pelecehan seksual mendapatkan lima jenis kejahatan pelecehan seksual yang sering terjadi di media sosial instagram, kedua korban pelecehan seksual mempunyai korelasi dan tujuan yang berbeda-beda mengenai postingan foto pribadi korban serta mayoritas korban masuk ke dalam jenis viktimisasi yang sama, ketiga mayoritas korban pelecehan seksual di media sosial instagram mengambil tindakan yang sama terhadap kejahatan pelecehan seksual yang dialaminya.

Kata Kunci: Viktimologi, Korban, Pelecehan Seksual, Media Sosial, Instagram

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sulistyanta, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum