Penulis Utama : Salsabila Nur Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3117107
Tahun : 2021
Judul : Efektivitas Inovasi “Pak Subur” Dalam Penerbitan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-E3117107
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo merupakan instansi pelaksana dalam penerbitan dokumen kependudukan yangmana sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik, berkualitas serta memudahkan masyarakat. Sehingga untuk menunjang hal tersebut diciptakan inovasi Pelayanan Akta Kematian Sebelum Jenazah Dikubur atau “Pak Subur”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi “Pak Subur” dalam penerbitan akta kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian sosiologis atau empiris. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara tidak terstruktur.
Hasil penelitian ini untuk melihat efektivitas atau keberhasilan inovasi “Pak Subur” dengan menggunakan tiga indikator yaitu waktu, faktor kecermatan dan gaya pemberi pelayanan sudah cukup baik dan dapat dikatakan efektif. Meskipun masih terdapat beberapa kendala yaitu waktu dalam pelaporan peristiwa kematian, jaringan internet mengalami ganguan, sumber daya manusia yang masih kurang, dan jarak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo ke lokasi pelaporan yang jauh. Maka dapat disimpulkan bahwa inovasi “Pak Subur” sudah berjalan dengan cukup baik dan sudah sesuai dengan tujuannya, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya. Hal tersebut dapat menjadi evaluasi untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo.

Kata Kunci : Efektivitas, Akta Kematian, Pak Subur

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Arief Suryono, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi