Penulis Utama : Zulfika Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0116112
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Antara Keterlibatan Ayah Dengan Kesepian pada Mahasiswa di Masa Pandemi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0116112
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pandemi  virus  corona  yang  terjadi  di  seluruh  dunia  mengakibatkan berbagai perubahan kehidupan sosial, situasi ini menuntut individu untuk beradaptasi dengan sistem kehidupan sosial yang baru dengan komunikasi jarak jauh. Perubahan dalam kehidupan sosial akibat pandemi virus corona ini mengakibatkan peningkatan kesepian. Salah satu faktor lingkungan keluarga yang dapat mempengaruhi kesepian yaitu adanya keterlibatan ayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterlibatan ayah dengan kesepian pada mahasiswa di masa pandemi.
Responden penelitian ini sebanyak 132 mahasiswa yang mengalami kesepian, berusia 18-25 tahun, tinggal di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan merupakan mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedua provinsi ini dipilih karena ditemukan adanya fenomena  kesepian  pada  mahasiswa  selama  pandemi  virus  corona.  Instrumen yang digunakan adalah Skala Keterlibatan Ayah terdiri dari 19 aitem valid (?=0,957) dan Skala Kesepian yang merupakan hasil modifikasi dari UCLA Loneliness Scale Version 3 terdiri dari 19 aitem valid (?=0,922).
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data ditemukan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan ayah dengan kesepian pada mahasiswa di masa pandemi. Hasil pengukuran menunjukkan koefisien korelasi r = -0,375 dengan sig. = 0,00 (p<0>

Kata kunci : kesepian, keterlibatan ayah, pandemi virus corona

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M.Si., Psikolog
2. Arif Tri Setyanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran