Penulis Utama : Resti Dewi Aryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0816104
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Bakpia Kukus Tugu Jogja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0816104
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Daerah istimewa Yogyakarta memiliki beragam makanan khas yang terkenal dikalangan masyarakat salah satunya bakpia. Perkembangan bakpia saat ini terjadi seiring dengan permintaaan konsumen (Listiyani, 2003). Terdapat varian baru dari bakpia yaitu bakpia kukus dengan tekstur dan isian yang berbanding terbalik dari bakpia yang telah lama diketahui masyarakat. Rangkuti (2009) menyatakan perilaku pembelian konsumen dapat depengaruhi sebuah kelompok referensi yang membicarakan pesan berantai atau word of mouth atas kepuasannya terhadap produk. Word of mouth efektif dalam menyebarkan sebuah informasi baik dari segi positif maupun negatifnya dari sebuah merek, yang akan berdampak pula pada Brand Image terhadap suatu produk tersebut. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian mengenai pengaruh Word Of Mouth dan Brand Image terhadap pengambilan keputusan Bakpia Kukus Tugu Jogja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Word Of Mouth dan Brand Image terhadap pengambilan keputusan Bakpia Kukus Tugu Jogja. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan teknik survey. Lokasi penelitian adalah Daerah IstimewaYogyakarta. Metode penentuan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan jenis Accidental Sampling. Sampel penelitian ini diperoleh 100 responden. Data utama yaitu data primer yang didukung dengan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah Ekonometrika dengan model regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Word Of Mouth dan Brand Image secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian Bakpia Kukus Tugu Jogja dengan signifikansi 0,000. Word of Mouth secara individu memiliki pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian Bakpia Kukus Tugu Jogja, hal ini menunjukkan semakin banyak yang melakukan pesan berantai yang positif maka semakin meningkat pengambilan keputusan pembelia.. Brand Image secara individu memiliki pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian Bakpia Kukus Tugu Jogja, hal ini menunjukkan semakin baik persepi masyarakat terhadap citra merek Bakpia Kukus Tugu Jogja maka semakin meningkat pengambilan keputusan pembelianya. Dari hasil penelitian tersebut disarankan pihak Bakpia Kukus Tugu Jogja memberikan informasi tambahan kepada konsumen untuk mengikuti media sosial Bakpia Kukus Tugu Jogja supaya dapat mempermudah konsumen dalam menyebarkan informasi kepada orang lain, serta memanfaatkan seorang brand ambassador sebagai salah satu atribut produk supaya dapat selalu diingat oleh konsumen dari merek Bakpia Kukus Tugu.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian