Penulis Utama : Nani Muftihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217045
Tahun : 2021
Judul : Tindak Tutur Direktif pada Pidato Nadiem Makarim Tentang Kebijakan Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19 dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Pidato di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217045
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan beberapa hal terkait tindak tutur direktif pada pidato Nadiem Makarim tentang kebijakan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, yakni: (1) bentuk-bentuk tindak tutur direktif, (2) fungsi tindak tutur direktif, (3) respons siswa dan guru terhadap tindak tutur direktif, dan (4) relevansi hasil kajian tindak tutur direktif sebagai materi ajar pidato di SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa dokumen pidato Nadiem Makarim tentang kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teori. Analisis data menggunakan model analysis interactive.  
Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. Pertama, enam bentuk tindak tutur direktif  pada pidato Nadiem Makarim tentang kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yakni permintaan, perintah, larangan, pemberian izin, nasihat, dan pertanyaan. Bentuk tindak tutur direktif permintaan dengan jumlah 24 data menjadi bentuk tindak tutur direktif yang dominan digunakan untuk memersuasi seluruh masyarakat Indonesia agar mau mematuhi aturan dari KEMDIKBUD RI. Kedua, 26 fungsi tindak tutur direktif pada pidato Nadiem Makarim tentang kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, antara lain: mendorong, mengharap, menekan, memohon, mengajak, memerintah, mensyaratkan, mencontohkan, menghendaki, mengarahkan, menginstruksikan, melarang, membatasi, membebaskan, memperkenankan, mengizinkan, membiarkan, membolehkan, memberi wewenang, mengapresiasi, menasehatkan, memperingatkan, menyarankan, menganjurkan, meyakinkan, dan menyadarkan. Fungsi tindak tutur direktif mendorong dan menyarankan menjadi fungsi yang dominan digunakan karena mengandung kalimat persuasif untuk memengaruhi masyarakat Indonesia agar mau bersama-sama mengatasi permasalahan di masa pandemi demi masa depan yang lebih baik. Ketiga, guru dan siswa menunjukkan respons positif, yakni menerima dan mencoba memahami bahwa kebijakan pemerintah ditetapkan demi kebaikan seluruh rakyat Indonesia. Keempat, tindak tutur direktif pada pidato Nadiem Makarim tentang kebijakan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 relevan sebagai materi ajar pidato di SMP karena sesuai dengan KD, memenuhi kriteria materi ajar yang baik, dan memberikan kebermanfaatan untuk siswa.

Kata kunci: tindak tutur direktif, kebijakan pembelajaran, pidato, materi ajar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum.
2. Dr. Edy Suryanto, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP