Penulis Utama : Khamdun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T851508003
Tahun : 2021
Judul : PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA SMK
Edisi :
Imprint : USA - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendiskripsikan kondisi awal pelaksanaan pembelajaran IPA di SMK Kabupaten Kudus, 2) menjelaskan kebutuhan pembelajaran IPA di SMK Kabupaten Kudus, 3) mengetahui wujud Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK ,4) mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK.

Penelitian ini termasuk jenis Research dan Development (R&D) yaitu penelitian yang bertujuan merancang dan mengembangkan suatu model atau produk baru, yaitu  Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK , teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi mengukur keaktifan untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa siswa SMK , angket untuk mengukur respon siswa serta validasi model dan perangkat, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi untuk memperoleh data kondisi awal. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kudus. Sampel penelitian diambil menggunakan metode cluster random sampling sebanyak empat sekolah menengah kejuruan dari semua sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Kudus. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data wawancara, analisis statistik deskriptif untuk menganalisis distribusi frekuensi hasil kuesioner dan uji t untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran.

Hasil penelitian didapatkan, kondisi awal pembelajaran IPA yang dilakukan di SMK Kabupaten Kudus didapatkan fakta guru IPA di SMK Kabupaten Kudus masih mengajar dengan cara yang sama yaitu dengan paradigma theoretical science. Pembelajaran IPA yang di SMK Kabupaten Kudus membutuhkan model dan media pembelajaran IPA yang sesuai dengan paradigma applied science yang nantinya dapat menunjang keterampilan vokasi mereka yang dapat menjadi bekal mencari nafkah kemudian hari. Keefektifan model Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK, yang dikembangkan peneliti adalah model pembelajaran yang dapat memadukan antara teori dan penerapan yang terdiri atas 5 macam produk yaitu buku penggunaan model pembelajaran proyek berbasis lingkungan buku pedoman penyusunan dan contoh silabus RPP, modul guru dan modul siswa, media dan video contoh pembelajaran Proyek berbasis lingkungan. Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK, terbukti efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA yang terbukti dari hasil uji t yaitu atau thitung> ttabel (6,929 > 2,012) dan ? = 0,05 (p = 0,00 < 0>

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : COVER DESERTASI.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Soeparmi, MA. M.Sc.Ph.D
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
3. Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd
Catatan Umum : Sudah revisi, mohon untuk segera di proses kembali terkait pemberkasan wisuda. Terimakasih.
Fakultas : Pascasarjana