Penulis Utama : Khamdun
NIM / NIP : T851508003
×

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendiskripsikan kondisi awal pelaksanaan pembelajaran IPA di SMK Kabupaten Kudus, 2) menjelaskan kebutuhan pembelajaran IPA di SMK Kabupaten Kudus, 3) mengetahui wujud Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK ,4) mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK.

Penelitian ini termasuk jenis Research dan Development (R&D) yaitu penelitian yang bertujuan merancang dan mengembangkan suatu model atau produk baru, yaitu  Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK , teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi mengukur keaktifan untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa siswa SMK , angket untuk mengukur respon siswa serta validasi model dan perangkat, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi untuk memperoleh data kondisi awal. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kudus. Sampel penelitian diambil menggunakan metode cluster random sampling sebanyak empat sekolah menengah kejuruan dari semua sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Kudus. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data wawancara, analisis statistik deskriptif untuk menganalisis distribusi frekuensi hasil kuesioner dan uji t untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran.

Hasil penelitian didapatkan, kondisi awal pembelajaran IPA yang dilakukan di SMK Kabupaten Kudus didapatkan fakta guru IPA di SMK Kabupaten Kudus masih mengajar dengan cara yang sama yaitu dengan paradigma theoretical science. Pembelajaran IPA yang di SMK Kabupaten Kudus membutuhkan model dan media pembelajaran IPA yang sesuai dengan paradigma applied science yang nantinya dapat menunjang keterampilan vokasi mereka yang dapat menjadi bekal mencari nafkah kemudian hari. Keefektifan model Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK, yang dikembangkan peneliti adalah model pembelajaran yang dapat memadukan antara teori dan penerapan yang terdiri atas 5 macam produk yaitu buku penggunaan model pembelajaran proyek berbasis lingkungan buku pedoman penyusunan dan contoh silabus RPP, modul guru dan modul siswa, media dan video contoh pembelajaran Proyek berbasis lingkungan. Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK, terbukti efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA yang terbukti dari hasil uji t yaitu atau thitung> ttabel (6,929 > 2,012) dan ? = 0,05 (p = 0,00 < 0>

×
Penulis Utama : Khamdun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T851508003
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa SMK
Edisi :
Imprint : USA - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Proyek, Lingkungan, Keterampilan Vokasi.
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1348
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Soeparmi, MA. M.Sc.Ph.D
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
3. Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd
Penguji : 1. Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si
2. Dr. Sarwanto, M.Si
3. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd
Catatan Umum : Sudah revisi, mohon untuk segera di proses kembali terkait pemberkasan wisuda. Terimakasih.
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.