Penulis Utama : Salsabila Cahyawati Nur Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0018360
Tahun : 2022
Judul : Kajian Yuridis mengenai Perlindungan Hukum Merek Produk Tenun Ikat Medali Mas berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Salsabila Cahyawati Nur Hanifah. E0018360. KAJIAN YURIDIS MENGENAI PERLINDUNGAN HUKUM MEREK PRODUK TENUN IKAT MEDALI MAS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap produk tenun ikat Medali Mas yang diproduksi oleh Usaha Dagang (UD) Medali Mas menurut ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis serta mengenai kendala dalam pelaksanaan perlindungan hukum merek tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat evaluatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis bahan hukum yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sistem perlindungan yang diberikan terhadap hak merek  adalah sistem Konstitutif yang berarti bahwa perlindungan suatu merek hanya diberikan kepada pihak yang lebih dahulu mengajukan pendaftaran untuk merek. Hal ini tentu saja membuat polemik mengenai pelaksanaan perlindungan merek. Untuk itu diperlukan tinjauan mengenai perlindungan merek berdasarkan Undang-Undang terhadap merek tenun ikat Medali Mas serta hambatan yang menyertai pelaksanaan perlindungan merek tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Merek tenun ikat Medali Mas tidak mendapat perlindungan hukum yang ada pada Undang-Undang akibat tidak terdaftarnya merek tersebut secara legal pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, hal ini terjadi akibat berbagai hambatan yang terjadi sehingga proses pelaksanaan perlindungan merek menjadi terkendala.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hernawan Hadi S.H., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum