Penulis Utama : Anisa Iftakhul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3117022
Tahun : 2021
Judul : Efektivitas Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-E3117022
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan kendala dalam pelayanan penerbitan akta kelahiran di dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen pada masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengambilan data, peniliti menggunakan teknik wawancara dengan teknik purposive sampling, yaitu adanya informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Catatan Sipil dan Kepala Seksi Bidang Catatan Sipil sementara informan pendukung dalam penelitian ini adalah seorang petugas pelayanan dan dua orang pemohon pelayanan pencatatan kelahiran pada masa pandemi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Dalam melakukan analisa data, peneliti menggunakan beberapa teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas dan kendala dalam pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen pada masa pandemi berjalan dengan cukup efektif. Dilihat dari indikatornya yaitu asas pelayanan publik berupa transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, dan keseimbangan hak dan kewajiban, diketahui bahwa: (1) Efektivitas pelayanan terkait dengan indikator transparansi dilakukan dengan cukup baik, (2) indikator akuntabilitas belum dilaksanakan sesuai SOP pelayanan penerbitan akta kelahiran, (3) indikator kondisional dilakukan dengan baik, (4) indikator partisipatif sudah dilakukan dengan baik, (5) kesamaan hak sudah diterapkan dengan baik, (6) dan keseimbangan hak dan kewajiban sudah diaksanakan dengan baik dan terpenuhi. Sementara itu, terdapat beberapa kendala yang ditemui dalam proses pelayanan  yaitu kurangnya sumber daya manusia, ketidakpastian waktu penerimaan dokumen kepada pemohon, dan kurangnya pemahaman masyarakat dalam penggunaan pelayanan online.

Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Erna Dyah Kusumawati, S.H, M.Hum, LL.M
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi