Penulis Utama : Amalia Aryasita Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017025
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Tingkat Kadar Lactate Dehydrogenase (LDH) Dengan Tingkat Keparahan Preeklampsia Ibu Hamil di RSUD Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0017025
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang. Lactate Dehydrogenase (LDH) merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan jaringan dengan mengetahui berapa jumlah kadar LDH di darah. Nilai LDH dipengaruhi oleh ada tidaknya kerusakan pada suatu jaringan. Pada saat ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mempelajari Lactate Dehydrogenase. Namun, penelitian mengenai hubungan antara tingkat kadar LDH dengan tingkat keparahan Preeklampsia belum banyak dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kadar LDH dengan tingkat keparahan Preeklampsia.
Metode.Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan pendekatan simple random sampling . Subjek penelitian ini adalah Ibu hamil yang mengalami Preeklampsi ringan dan berat di RSUD Dr.Moewardi. Data sampel didapatkan dari Rekam Medis RSUD Dr.Moewardi. Rekam medis untuk sampel penelitian harus memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteri eksklusi yang dibuat oleh peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik Spearman-rho untuk uji hipotesis korelatif.
Hasil. Total sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang, dengan 46 (76,67%) ibu hamil yang mengalami preeklampsia berat dan 14 (23,33%) orang lainnya adalah ibu hamil dengan preeklampsia ringan. Data dilakukan uji normalitas Kolmorgorov-Smirnov dengan hasil p<0 r=0.348.>Simpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kadar LDH dengan tingkat keparahan Preeklampsia.

Kata Kunci. Lactate Dehydrogenase (LDH), Tingkat Keparahan Preeklampsia

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdurahman Laqif, dr., Sp.OG(K)
2. Jarot Subandono, dr., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran