Penulis Utama : Muhammad Ferdy Asyiraq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017143
Tahun : 2021
Judul : Perbedaan Pemilihan Waktu Ice Compression Terhadap Timbulnya Delayed Onset Muscle Soreness Setelah Latihan Submaksimal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0017143
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) digambarkan sebagai suatu rasa sakit atau sensasi nyeri pada otot yang dirasakan setelah 8-12 jam setelah latihan submaksimal dengan intensitas tinggi, kemudian rasa nyeri mencapai puncak pada 24-48 jam setelah latihan. Berbagai intervensi pemulihan pasca latihan sering digunakan untuk mengatasi nyeri akibat DOMS, salah satunya ialah ice compression. Sampai saat ini belum terdapat penelitian yang membandingkan efektivitas pemilihan waktu dilakukannya ice compression, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pemilihan waktu ice compression terhadap timbulnya DOMS setelah latihan submaksimal.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Data primer nyeri DOMS diperoleh dengan mengukur nilai skala nyeri VAS (Visual Analogue Scale). Analisis data dilakukan menggunakan uji one way Anova dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc LSD.
Hasil: Hasil analisis menggunakan uji one way Anova didapatkan perbedaan yang signifikan di antara ketiga kelompok penelitian (p=0.000). Pada kelompok kontrol didapatkan nilai mean sebesar 4.36, kelompok perlakuan 1 jam sebesar 2.30, dan kelompok perlakuan 4 jam sebesar 1.29.  Kemudian dilanjutkan uji Post Hoc untuk menilai letak perbedaan di antara kedua kelompok perlakuan, dan hasilnya tidak terdapat perbedaan signifikan dengan nilai p sebesar 0.078.
Kesimpulan: Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan efektivitas pemilihan waktu ice compression terhadap timbulnya DOMS setelah latihan submaksimal.

Kata Kunci: DOMS, ice compression, latihan submaksimal

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes
2. Dhoni Akbar Ghozali, dr., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran