Penulis Utama : Thufeil ‘ammar
NIM / NIP : I0517085
×

Biodiesel adalah minyak yang berasal dari tumbuhan dan lemak hewan serta turunannya mempunyai kemungkinan untuk digunakan sebagai pengganti bahan bakar. Biodiesel dapat mengurangi penggunaan jumlah bahan bakar fosil sehingga lebih ramah lingkungan. Bahan baku yang digunakan adalah minyak jelantah sisa dari penggorengan. Pabrik direncanakan akan didirikan di Kawasan Industri Wiajayakusuma, Kota Semarang dengan pertimbangan sumber bahan baku, pasar, dan utilitas. Pabrik yang didirikan berkapasitas 10.000 ton/tahun, perbandingan umpan minyak jelantah terhadap metanol 1:10. Pabrik ini membutuhkan bahan baku minyak jelantah sebanyak 15.079,19 ton/tahun, metanol sebanyak 1.189,19 ton/tahun, asam sulfat sebanyak 285,345 ton/tahun, NaOH sebanyak 257,509 ton/tahun, dan air proses untuk pencucian sebanyak 6.073,13 ton/tahun. Limbah yang dihasilkan berupa gliserol, air dan garam sebanyak 7.877,83 ton/tahun.
Produk biodiesel dihasilkan dari reaksi esterifikasi antara asam lemak bebas dan metanol dengan katalis asam sulfat dilanjutkan reaksi transesterifikasi antara trigliserida dan metanol dengan menggunakan katalis natrium hidroksida. Tahapan proses pembuatan biodiesel yaitu pretreatment, reaksi, pemurnian, dan pemisahan. Bahan baku minyak jelantah disaring dalam filter press untuk menghilangkan padatan. Reaktor yang digunakan untuk reaksi esterifikasi dan transesfterifikasi berjumlah masing-masing 2 buah reaktor alir tangki berpengaduk (RATB). RATB disusun secara seri dan beroperasi pada tekanan 1 bar, temperatur 60oC. Konversi akhir reaksi esterifikasi 98% sedangakan konversi akhir transesterifikasi 96%. Produk keluar reaktor kemudian masuk ke dalam menara destilasi untuk memisahkan metanol sisa dari senyawa lain (FAME, gliserol, garam). Produk atas menara distilasi yang merupakan metanol dengan impuritas air dialirkan kembali sebagai recycle umpan reaktor. Hasil bawah menara distilasi dialirkan ke mixing tank untuk proses pencucian. Kemudian keluaran mixing tank dialirkan ke dekanter untuk memisahkan produk FAME dengan gliserol dan garam. Sementara, fraksi berat dari dekanter berupa campuran air, sisa metanol, Na2SO4, NaOH, dan gliserol akan diproses di Unit Pengolahan Limbah.
Spesifik konsumsi untuk utilitas terdiri dari unit penyediaan air untuk konsumsi sebanyak 0,396 ton/ton produk, pengadaan air total sebesar 17,16 ton air/ton produk, saturated steam sebanyak 0,37 ton/ton produk (P = 89,6 psia, T = 160oC), refrigerant sebanyak 0,007 ton/ton produk, air pendingin sebanyak 5,54 ton/ton produk, air proses sebanyak 0,607 ton/ ton produk, udara tekan sebanyak 95,04 m3/ ton produk, tenaga listrik sebesar 0,145 MWh/ton produk dari PLN, bahan bakar batubara subituminous sebanyak 0,0670 ton/ton produk, bahan bakar solar sebanyak 49,6 L/ ton produk, dan unit pengolahan limbah. Terdapat tiga buah laboratorium, yaitu laboratorium fisik, laboratorium analitik, dan laboratorium penelitian dan pengembangan.
Bentuk perusahaan adalah PT (Perseroan Terbatas), struktur organisasi adalah line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non shift. Pabrik beroperasi selama 24 jam per hari dan 300 hari per tahun. Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 190 orang.
Hasil analisa ekonomi terhadap prarancangan pabrik biodiesel diperoleh total investasi sebesar Rp 186.422.782.395/tahun dan total biaya produksi Rp 144.602.853.516/tahun. Hasil analisa kelayakan menunjukkan ROI sebelum pajak 36,95% dan setelah pajak 25,86%. POT sebelum pajak 2,13 tahun dan setelah pajak 2,79 tahun, BEP 43,88%, SDP 25,19%, dan DCFROR atau IRR sebesar 26,95%. Berdasar analisa ekonomi dapat disimpulkan bahwa pendirian pabrik biodiesel dengan kapasitas 10.000 ton/tahun layak dipertimbangkan untuk direalisasikan pembangunannya.

 

×
Penulis Utama : Thufeil ‘ammar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0517085
Tahun : 2021
Judul : Prarancangan Pabrik Biodiesel dari Minyak Jelantah Dengan Proses Esterifikasi dan Transesterifikasi Kapasitas 10.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0517085
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bregas Siswahjono T. S., S.T., M.T.
2. Dr. Joko Waluyo, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.