Penulis Utama : Fadhilah Satya Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8718012
Tahun : 2021
Judul : Tinjauan Kondisi Saluran Drainase RT 02-03/RW 07 Kelurahan Pedurungan Lor Kecamatan Pedurungan Kota Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-I8718012
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Drainase dalam bahasa inggris adalah drainage yang mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalirkan air. Dalam bidang teknik sipil, drainase dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan teknis untuk mengurangi kelebihan air, baik berasal dari air hujan, rembesan, maupun kelebihan air irigasi dari suatu kawasan atau lahan, sehingga fungsi kawasan atau lahan tidak terganggu. Secara praktis kita dapat mengatakan bahwa drainase menangani kelebihan air sebelum masuk ke alur-alur besar atau sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mencari solusi dari permasalahan kondisi existing sistem drainase serta menghitung debit banjir rencana dengan kala ulang 2 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun di RT 02-03/RW 07 Kelurahan Pedurungan Lor Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.
Dalam penelitian analisis saluran drainase ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Langkah yang dilakukan antara lain permohonan ijin, melakukan survey, mencari data atau informasi, mengolah data, dan yang terakhir penyusunan laporan. Hasil dari pengolahan data digunakan kembali sebagai data untuk menganalisis yang lainnya dan berlanjut terus hingga mendapat kinerja sistem drainase.
Setelah dilakukan studi komparasi dengan meninjau kondisi existing saluran yang ada di RT 02-03/RW 07 Kelurahan Pedurungan Lor Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, saluran SC5 tidak memenuhi perhitungan analisis kapasitas saluran dan perlu dilakukan perencanaan ulang dengan lebar dasar B = 0,5 m dan tinggi saluran h = 0,25 m. Biaya yang dibutuhkan untuk saluran SC5 Rp 57.984.467,06.-Sementara untuk saluran SU1 sampai dengan SC4 memenuhi perhitungan analisis kapasitas saluran dan hanya perlu dilakukan pemeliharaan berkala guna menjaga saluran drainase agar tetap berfungsi dengan baik.

Kata-kata kunci: Drainase, Debit Banjir, Kondisi Existing, Kapasitas Saluran Drainase, Rehabilitasi Saluran.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adi Yusuf Muttaqien, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi