Penulis Utama : Annisa Fitriana Sabilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217010
Tahun : 2021
Judul : Bentuk dan Fungsi Eufemisme Dalam Artikel Opini Tempo.Co Serta Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217010
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) bentuk-bentuk eufemisme dalam artikel opini Tempo.co; (2) fungsi pemakaian eufemisme dalam artikel opini Tempo.co; (3) pemanfaatan eufemisme dalam artikel opini Tempo.co sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Sumber data penelitian berupa dokumen, yaitu artikel opini Tempo.co dan wawancara dengan informan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan  purposive sampling  yang digunakan untuk pemilihan dokumen. Guna menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data dalam penelittian menggunakan teknik analisis data mengalir model Miles and Huberman.
Hasil analisis data dan pembahasan  tentang eufemisme dalam artikel opini Tempo.co diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ditemukan 130 data eufemisme pada artikel opini edisi November-Desember 2020. Dengan 11 (sebelas) macam bentuk eufemisme, yakni ekspresi figuratif, metafora, akronim, penggunaan singkatan, satu kata untuk menggantikan satu kata yang lain, umum ke khusus, kolokial, penggunaan kata serapan, penggunaan istilah asing dan perifrasis (parafrase); (2) terdapat 5 fungsi pemakaian eufemisme yang ditemukan, yakni Pemakaian eufemisme itu, antara lain memperhalus ucapan, untuk kesopanan atau kenyamanan, menyamarkan makna, tidak menyinggung atau menimbulkan konflik, serta memperjelas informasi; (3) artikel opini Tempo.co edisi November-Desember 2020 dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia materi teks editorial SMA kelas XII.
Kata Kunci    : eufemisme, opini, teks editorial, materi ajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. Arif Setyawan, S.Hum., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP