Penulis Utama : Anik Nur Rosidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217011
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Iklan Berbahasa Jawa Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217011
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan berbahasa pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura; dan (3) upaya untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikaji dalam penelitian ini adalah semua kata, frasa, klausa, dan kalimat pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dokumen berupa teks iklan siswa dan informan yang terdiri atas siswa kelas XI MIPA 1, guru bahasa Jawa, dan ahli bahasa Jawa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan, analisis dokumen, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data, teknik triangulasi teori, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (interavtive model of analysis) yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan.
Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura diklasifikasikan menjadi tiga tataran, yaitu tataran ejaan (fonologi), tataran diksi/kata (morfologi), dan tataran kalimat (sintaksis); (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan berbahasa pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kartasura dibagi menjadi faktor internal (dalam) meliputi: a) kurangnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa, b) penguasaan kaidah baku bahasa jawa yang kurang memadai, c) kurangnya latihan menulis, dan d) rendahnya tingkat ketelitian siswa serta faktor eksternal (luar) meliputi: a) kurangnya waktu menulis, b) terpengaruh oleh bahasa yang lebih dikuasai, c) kurangnya contoh dari guru, d) metode pembelajaran yang kurang tepat; dan (3) upaya untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa pada teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura antara lain: a) memberi contoh terlebih dahulu, b) meningkatkan penguasaan kaidah baku bahasa Jawa pada siswa, c) meningkatkan frekuensi menulis, d) menerapkan teknik koreksi yang tepat, dan e) pelaksanaan pembelajaran menulis dengan pendekatan proses.


Kata Kunci: analisis kesalahan berbahasa, teks iklan, bahasa Jawa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP