Penulis Utama : Danik Safitri
NIM / NIP : S841902006
×

Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan dan mengungkapkan: (1) struktur yang terkandung dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis?; (2) mimikri dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis?; (3) nilai pendidikan dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis?; (4) nilai peduli sosial dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis?; dan (5) pemanfaatan hasil penelitian dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis sebagai pengembangan bahan ajar di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif–deskriptif. Metode ini digunakan untuk menggali sumber informasi dan data berupa teks-teks sastra, sehingga data yang tampil berupa konsep-konsep atau kategori-kategori yang tidak dapat dihitung dengan statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik noninteraktif meliputi mencatat dokumen atau arsip (content analysis), teknik simak dan catat, dan teknik riset pustaka. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis model analisis interaktif dengan tiga alur kegiatan: (1) reduksi data; (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan atauverifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) unsur-unsur struktur yang berupa plot, tema, penokohan, dan latar (setting); (2) terdapat mimikri dalam kumpulan cerpen tersebut antara lain gaya berpakaian dan properti, sarana transportasi, bahasa, sikap, perilaku dan pola pikir; (3)  nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis antara lain nilai pendidikan sosial, budaya, kemanusiaan, religi/agama, dan moral; (4) nilai peduli sosial yang terkandung di dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis yaitu berempati, melakukan aksi sosial, dan membangun kerukunan warga; (5) pemanfaatan hasil penelitian dalam kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis sebagai pengembangan bahan ajar di SMA.

 

×
Penulis Utama : Danik Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902006
Tahun : 2021
Judul : Mimikri dan Nilai Pendidikan Dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Karya Mochtar Lubis: Pendekatan Poskolonial dan Pemanfaatnya Sebagai Pengembangan Materi Ajar Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841902006
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.