Penulis Utama : Suryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841908021
Tahun : 2021
Judul : Kajian Feminisme dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Karya Oka Rusmini Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di Perguruan Tinggi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841908021
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) struktur novel Men Coblong dan Koplak karya Oka Rusmini, (2) eksistensi perempuan yang terdapat dalam novel Men Coblong dan Koplak karya Oka Rusmini yang meliputi Perempuan Bekerja, Perempuan Intelektual, dan Perempuan Mencapai Transformasi Sosial, (3) Nilai pendidikan karakter dalam novel Men Coblong dan Koplak Karya Oka Rusmini, (4) Pemanfaatan kajian feminisme dan nilai pendidikan karakter dalam novel Men Coblong dan Koplak karya Oka Rusmini dengan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kritik sastra feminis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori feminisme eksistensial Simone de Beauvoir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan wawancara informan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Men Coblong dan Koplak karya Oka Rusmini serta informan. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat yang mengandung wujud eksistensi perempuan dan nilai pendidikan karakter dalam novel Men Coblong dan Koplak karya Oka Rusmini serta data hasil wawancara informan. Validitas data penelitian dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teori. Analisis data menggunakan teknik content analysis yang meliputi (1) mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, (2) membaca keseluruhan data, (3) men-coding  data,  (4) menerapkan  proses  coding,  (5) menunjukkan deskripsi dalam narasi kualitatif, dan (6) interpretasi atau memaknai data.
Hasil penelitian ini yaitu (1) struktur novel Men Coblong karya Oka Rusmini meliputi: tema novel Men Coblong tergolong dalam tema egoik, tokoh terdiri dari tokoh datar dan tokoh bulat dan penokohan ditampilkan secara eksplisit atau menggunakan teknik penggambaran tak langsung, latar tempat terjadi di Bali, Jakarta, Singapura, dan Adelaide, alur menggunakan alur campuran, sudut pandang menggunakan sudut pandang orang ketiga, dan hubungan antarunsur yang padu. Kemudian struktur novel Koplak karya Oka Rusmini meliputi: tema novel Koplak termasuk tema sosial, tokoh terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan dan penokohan terbentuk melalui teknik dramatik, latar terjadi di Desa Sawut dan Denpasar, alur novel menggunakan alur campuran, sudut pandang menggunakan sudut pandang orang ketiga, dan hubungan antarunsur yang padu; (2) eksistensi perempuan dalam novel Men Coblong dan  Koplak  karya  Oka  Rusmini  yang  berjuang  menuju  transendensi dengan  melahirkan  perempuan  bekerja  untuk  menegaskan  statusnya sebagai subjek dan aktif menentukan arah nasibnya, perempuan intelektual dengan kemampuannya berpikir, melihat, dan mendefinisi, dan perempuan mencapai transformasi sosial untuk menghilangkan konflik sunjek-objek dengan menjadi perempuan mandiri; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Men Coblong dan Koplak karya Oka Rusmini terdiri dari: kejujuran, belas kasih, kegagahberanian, kasih sayang, kontrol diri, kerja sama, dan kerja keras, (4) novel Men Coblong dan Koplak karya Oka  Rusmini  layak  digunakan  sebagai  bahan  ajar  sastra  di  perguruan tinggi   karena   terkandung   nilai-nilai   yang   dapat   diajarkan   kepada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kata kunci: eksistensi, feminisme, nilai pendidikan karakter, novel Men
Coblong dan Koplak

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana