Penulis Utama : M. Habibur Rohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217037
Tahun : 2021
Judul : Metonimia Dalam Berita Sepak Bola di Situs Bola.Net
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0217037
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Fenomena penggunaan kata lain untuk menyatakan suatu kata atau entitas tertentu merupakan salah satu sarana untuk menciptakan variasi kebahasaan. Hal ini dapat dilihat dengan jelas melalui fenomena metonimia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena penggunaan metonimia dalam media online sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik pembaca. Penggunaan metonimia dalam media online, khususnya teks berita dapat menjadikan bahasa lebih berwarna dan tidak monoton.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi dua hal: (1) bagaimana jenis metonimia dalam berita sepak bola di situs Bola.net? dan (2) bagaimana motif metonimia dalam berita sepak bola di situs Bola.net?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis dan motif metonimia dalam berita sepak bola di situs Bola.net.
Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah metonimia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung metonimia dalam berita sepak bola di situs Bola.net. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berita sepak bola di situs Bola.net. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2020 dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Tahap analisis data dilakukan menggunakan metode agih dengan teknik ganti dan teknik sisip. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode padan referensial dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Hasil analisis data disajikan dengan metode informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis metonimia dalam berita sepak bola di situs Bola.net ditemukan sebanyak 70 data. Jenis metonimia yang ditemukan dapat dikelompokkan menjadi 7 jenis: (1) tempat untuk institusi, (2) pengontrol untuk yang dikontrol, (3) objek yang digunakan untuk pengguna, (4) sebagian untuk seluruh, (5) seluruh untuk sebagian, (6) instrumen untuk aksi, dan (7) waktu untuk objek. Adapun motif metonimia dalam berita sepak bola di situs Bola.net ditemukan sebanyak 60 data. Motif metonimia yang ditemukan dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis: (1) tempat asal, (2) penyebutan bagian, (3) penyebutan sifat khas, dan (4) keserupaan.

Kata kunci: Semantik, Metonimia, Jenis Metonimia, Motif Metonimia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya