Penulis Utama : Ida Yuliani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851908015
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Respon Siswa SMP Takhassus Al Qur'an Pekuncen Terhadap Pembelajaran Daring Berdasarkan Disposisi Matematis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan karena mengingat pentingnya kemampuan pemecahan masalah sebagai jantungnya pelajaran matematika, namun ironisnya kemampuan pemecahan masalah siswa menurun selama masa pandemi covid-19. Hal tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh ranah afektif siswa terutama disposisi matematika.

Penelitian ini merupakan penilian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Intrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket disposisi matematis, angket respon siswa terhadap pembelajaran daring, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah serta respon siswa terhadap pembelajaran daring. Subjek penelitian dipilih sebanyak 6 subjek dari kelas VIII B SMP Takhassus Al Qur’an Pekuncen dengan metode snowball sampling. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) Siswa dengan disposisi matematis tinggi pada tema jawaban A memenuhi 4 indikator dan tema jawaban B memenuhi 3 indikator pemecahan masalah, mereka memberikan respon yang berbeda terhadap pembelajaran daring, yaitu respon positif dan negatif. Siswa dengan disposisi matematis sedang pada tema jawaban A memenuhi 4 indikator, tema jawaban C memenuhi 2 indikator dan tema jawaban D memenuhi 1 indikator pemecahan masalah. Ketiga tema jawaban tersebut memberikan respon negatif terhadap pembelajaran daring. Siswa dengan kategori disposisi matematis rendah memenuhi 1 indikator pemecahan masalah. Mereka memberikan respon positif terhadap pembelajaran daring; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah selama pembelajaran daring adalah model pembelajaran, siswa tidak terbiasa untuk menuliskan masalah ke dalam bahasa dan simbol matematika, siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang bervariasi, kemampuan awal matematika siswa; 3) faktor-faktor yang mempengaruhi respon siswa terhadap pembelajaran daring yaitu : fasilitas dan gaya belajar siswa yang bervariasi.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
S851908015_BAB III.pdf
S851908015_BAB II.pdf
S851908015_BAB I.pdf
S851908015_BAB IV.pdf
S851908015_Lampiran.pdf
S851908015_DAFTAR PUSTAKA.pdf
S851908015_BAB V.pdf
COVER TESIS.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Tri Atmojo Kusmayadi. M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana