Penulis Utama : Genies Wisnu Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017203
Tahun : 2021
Judul : Peran Mediator Dalam Menyelesaikan Perselisihan Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017203
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang peran mediator dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial pada Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kota Madiun dan faktor penghambat mediator dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Lokasi penelitian adalah di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Madiun. Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan undang- undang (statute approach) dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Selanjutnya menggunakan teknik analisa yang bersifat deduksi.
Hasil penelitian menunjukan peran mediator dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial adalah medorong para pihak yang berselisih untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial secara musyawarah untuk mencapai kesepakatan, membuat anjuran tertulis jika tidak terjadi kesepakatan, dan memberitahu perlunya hasil perjanjian bersama didaftarakan pada Pengadilan Hubungan Industrial, sedangkan hambatan dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial adalah masih adanya pengusaha tidak menghadiri mediasi atau diwakilkan kepada yang tidak memiliki otoritas memutuskan sehingga menghambat penyelesaian perselisihan hubungan industrial, masih ada pekerja yang tidak mengetahui tatacara penyelesaian hubungan industrial kaitannya dengan tidak diselesaikan perundingan secara bipartit, belum adanya ketentuan mengenai uang pisah yang dibuat antara pengusaha dan pekerja/buruh, dan tidak dilaksanakannya tertib administrasi.

Kata kunci: Tenaga Kerja, Peran Mediator, dan Perselisihan Hubungan Industrial

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H.,M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum