Penulis Utama : Patrica Ingarasi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017374
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dalam Sarana Bertransaksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017374
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis permasalahan- permasalahan yang ditimbulkan saat penguna melakukan transaksi menggunakan aplikasi dompet digital YAP! serta mengetahui perlindungan hukum bagi pengguna yang dilakukan oleh PT. Bank Negara Indonesia selaku penyelenggara dompet digital YAP! dengan ketentuan Hukum Perdata, dan peraturan perundang- undangan yang terkait.
Penulisan hukum dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hukum empiris, yaitu penelitian yang berawal dari meneliti data primer dilapangan dan data sekunder. Alat pengumpul data dengan dilakukannya wawancara kepada para pengguna aplikasi dompet digital YAP! serta pihak penyelenggara aplikasi dompet digital YAP! yaitu PT. Bank Negara Indonesia yang berada di kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta dan melakukan studi kepustakaan. Disesuaikan dengan pokok pembahasan, maka penulisan hukum ini menggunakan teknik analisis data model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini dapat diketahui permasalahan saat proses transaksi bagi pengguna dapat menimbulkan kerugian materiil dan imateriil. Permasalahan yang terjadi dapat dilihat dari faktor teknis yaitu sistem layanan aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana fungsinya sebagai sarana jasa layanan untuk bertransaksi dan faktor yuridis yaitu ketidaksesuaian kontrak elektronik yang telah disepakati sebelumnya dengan implementasinya di lapangan. Pihak penyelenggara tidak memberikan perlindungan hukum yang baik dikarenakan implementasinya tidak sesuai dengan Asas Perlindungan karena tidak menjamin standart pemeliharaan, perawatan dan kelayakan sistem pengoperasian pada sistem aplikasi dompet digital itu dengan baik, serta telah melakukan wanprestasi karena tidak melakukan kewajibannya sesuai dengan apa yang telah diperjanjikan pada kontrak elektronik dan menimbulkan kerugian materiil dan imateriil kepada pengguna aplikasi dompet digital tersebut.
Solusi atas perlindungan yang tidak baik tersebut adalah diharapkan pihak penyelenggara PT. Bank Negara Indonesia memasukkan klausul-klausulmengenai jaminan standart pemeliharaan, perawatan dan kelayakan sistem pengoperasian pada sistem aplikasi dompet digital untuk dicantumkan pada kontrak elektronik YAP! dan memperbaiki serta memperluas pelayanan saat pengguna melakukan pengaduan atas segala permasalahan yang ditimbulkan, sehingga dapat meminimalisir kerugian materiil bagi pengguna. Kemudian, solusi bagi para pengguna dompet digital YAP! yaitu solusi bagi pengguna utnuk memerhatikan isi kalusul-kalusul dalam perjanjian kontrak elektronik secara detail agar meminimalisir sengketa di kemudian hari serta selalu melakukan follow-up atas pengaduan yang dilakukan sampai permasalahan terselesaikan oleh pihak penyelenggara agar meminimalisir kerugian materiil dan imateriil.

Kata Kunci: Aplikasi Dompet Digital; Kontrak Elektronik; Pengguna Dompet
Digital; Perlindungan Hukum; Transaksi elektronik.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Albertus Sentot Sudarwanto, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum