Penulis Utama : Anastasia Devi Veramasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0117017
Tahun : 2021
Judul : Kajian Perbandingan Determinan Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera Tahun 2011 – 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F0117017
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditunjukkan oleh PDB Harga Konstan
2010 selama tahun 2011 – 2019 memperlihatkan tren positif. Pulau Jawa dan Pulau Sumatera merupakan dua kontributor terbesar terhadap PDB  Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui determinan pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera dan mengetahui perbandingan determinan pertumbuhan ekonomi antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera tahun 2011 –
2019. Data yang diperlukan didapat dari Badan Pusat Statistika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisis regresi data panel.
Hasil analisis menunjukkan di Pulau Jawa, TPAK dan jumlah kriminalitas berpengaruh negatif signifikan, ekspor, pertumbuhan penduduk, IPM, dan IDI berpengaruh positif signifikan terhadap PDRB. Di Pulau Sumatera, TPAK dan jumlah kriminalitas berpengaruh positif tidak signifikan, ekspor berpengaruh negatif signifikan, sedangkan pertumbuhan penduduk, IPM, dan IDI berpengaruh positif signifikan terhadap PDRB. Saran dari penelitian ini adalah: a) Pemerintah provinsi di Pulau Jawa diharapkan meningkatkan lapangan kerja agar dapat menampung tenaga kerja. Pemerintah provinsi di Pulau Sumatera diharapkan meningkatkan kualitas pendidikan dari tenaga kerja. b) Pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera diharapkan mengembangkan produk ekspor agar nilai ekspor dapat meningkat. c) Pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera diharapkan melakukan pengendalian pertumbuhan penduduk agar tidak terjadi ledakan penduduk. d) Pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera diharapkan membuat kebijakan yang mendukung peningkatan IPM e) Pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera diharapkan bertanggungjawab atas pemenuhan HAM dan meningkatkan peran lembaga demokrasi. f) Pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera diharapkan menyusun kebijakan bidang keamanan dan ketertiban sesuai keadaan daerah.

Kata kunci: PDRB, determinan pertumbuhan ekonomi, data panel

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bhimo Rizky Samudro, S.E., M.Si., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis