Penulis Utama : Utari Dwi Satiti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0817108
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand di Pulau Jawa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0817108
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Susu merupakan salah satu minuman kesehatan yang mengandung banyak gizi bagi tubuh. Konsumsi susu masyarakat cenderung meningkat setiap tahunnya, salah satunya di provinsi-provinsi yang ada di Pulau Jawa. Konsumsi susu yang meningkat diiringi dengan banyaknya merek produk susu yang ada, sehingga persaingan antar merek susu semakin ketat. Susu merek Bear Brand menduduki peringkat keempat pada Top Brand Award dalam kategori susu cair dalam kemasan siap minum tahun 2016-2020. Brand equity menunjukkan kekuatan merek di pasar yang akan memengaruhi rasa percaya diri dan loyalitas konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian Susu Bear Brand di Pulau Jawa.
Metode dasar penelitian ini yaitu deskriptif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja atau purposive atas pertimbangan bahwa Pulau Jawa merupakan pulau padat penduduk, konsumsi susu di Pulau Jawa cenderung mengalami peningkatan, dan kesadaran masyarakat akan kesehatan juga mengalami peningkatan. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel penelitian yaitu 100 responden dengan kriteria berumur minimal 18 tahun dan pernah membeli susu Bear Brand di Pulau Jawa minimal dua kali. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang berupa google-forms dan disebarkan secara online. Pengujian instrumen penelitian dan analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand awareness, perceived quality, brand loyalty, dan brand association secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian susu Bear Brand di Pulau Jawa. Masing-masing variabel brand awareness, perceived quality, brand loyalty, dan brand association secara individu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu Bear Brand di Pulau Jawa. Variabel brand loyalty atau loyalitas merek berpengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian susu Bear Brand di Pulau Jawa dengan koefisien regresi sebesar 0,383.  
Perusahaan Nestle diharapkan dapat meningkatkan loyalitas merek atau brand loyalty dari susu Bear Brand, menambah varian rasa, serta mempertahankan kualitasnya. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilaksanakan dengan lingkup wilayah yang lebih luas dan dapat menambahkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian susu Bear Brand sepertinya brand image atau citra merek, harga, iklan, dan lain sebagainya.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugiharti Mulya H., M.P.
2. Isti Khomah, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian