Penulis Utama : Dito Yusuf Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0715041
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Perlakuan Pupuk terhadap Indeks Luas Daun dan Jumlah Daun pada Dua Varietas Hortensia (Hydrangea macrophylla)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0715041
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perubahan warna pada mahkota bunga Hortensia disebabkan oleh adanya ketersediaan unsur hara Al+3 (Ma et al,, 2001). Pada bidang pertanian unur hara Al+3 merupakan ion yang dapat mempengaruhi kemasaman dalam tanah dan berpengaruh terhadap toksisitas aluminium. Ion Al  tersedia di dalam tanah dalam bentuk Al(OH)2+, Al(OH)3+, dan Al(H2O)3+ . (Sanjib et al. 2009). oleh karena itu pemakaian pupuk yang mengandung unsur hara alumunium bisa saja mengakibatkan tanaman Hortensia mengalami keracunan atau sebaliknya, tanaman Hortensia memiliki resistensi terhadap ion Al+3.
Pupuk yang mengandung unsur alumunium yaitu tawas (KAl(SO4)2.12H2O), salah satu penjernih air yang umum dijual. Pemakaian pupuk kalsit (CaCO3) dengan cara pengapuran dapat menurunkan nilai Aldd dalam tanah dan kejenuhan Al+3, sehingga kuantitas dari Al+3 dapat diturunkan untuk mengetahui pengaruh tanaman saat Al+3 berada pada tingkat paling minimun. (Koesri. 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan pupuk kalsium super (CaCO3) dan tawas (KAl(SO4)2.12H2O) terhadap indeks luas daun dan jumlah daun pada dua varietas hortensia (hydrangea macrophylla).
Penelitian dilaksanakan di Desa Nglurah Tawangmangu pada bulan Septembar sampai bulan Desember 2019, dan dilakukan uji pH dan Aldd di Laboratorium Kimia Tanah Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Pupuk yang digunakan ada 2 yaitu pupuk kalsit untuk menurunkan kadar Al3+ dan pupuk tawas untuk menaikkan kadar Al3+ di dalam tanah. Tanaman Hortensia yang digunakan ada 2 varietas berbeda yaitu Hortensia lokal dan non lokal yang diperbanyak menggunakan metode stek batang sebanyak 54 tanaman.  Pemberian pupuk kalsit (CaCO3) dan tawas (KAl(SO4)2.12H2O tidak memberikan pengaruh terhadap ILD (Indeks Luas Daun) dan jumlah daun Hydrangea macrophylla lokal dan Hydrangea macrophylla non lokal. Semakin naiknya nilai Aldd menyebabkan semakin turunnya ILD (Indeks Luas Daun) dan Jumlah daun  Hydrangea macrophylla lokal dan Hydrangea macrophylla non lokal . Hydrangea macrophylla lokal memberikan nilai ILD (Indeks Luas Daun) dan jumlah daun lebih tinggi daripada Hydrangea macrophylla non lokal Terdapat perbedaan antar Hortensia lokal dengan nonlokal yang ditunjukkan pada rata rata jumlah daun dan ILD.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Djati Waluyo Djoar M.S.
2. Prof. Dr. Ir. Sudadi M. P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian