Penulis Utama : Prasetya Tunjung Novianto
NIM / NIP : S351802026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hambatan bagi notaris dalam pelaksanaan berkaitan dengan penyampaian transaksi mencurigakan serta menganalisis solusi notaris dalam pelaksanaan berkaitan dengan penyampaian transaksi mencurigakan pasca berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2015 tentang Pihak Pelapor dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
Penelitian ini mnggunakan pendekatan socio-legal bersifat deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan bagi notaris dalam pelaksanaan berkaitan dengan penyampaian transaksi mencurigakan pasca berlakunya PP No 43 Tahun 2015 adalah berupa hambatan normatif dan hambatan non normatif. Hambatan normatif terkait dengan kurangnya sinkronisasi atas kewajiban notaris untuk menjaga kerahasiaan aktanya dengan kewajiban sebagai pelapor TPPU, sedangkan hambatan non normatif berkaitan dengan kurangnya pengetahuan notaris dalam menginterpretasikan Kode Etik Profesi dengan Amanah Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2015 serta
Notaris kesulitan menjalankan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ). Peraturan Menteri Nomor 9 Tahun 2017 tentang Prinsip Mengenali Pengguna Jasa bagi Notaris menjadi salah satu solusi yang dilakukan oleh Pemerintah yang menekankan bahwa kerahasiaan dapat dikesampingkan apabila undang-undang menentukan lain. Solusi lainnya adalah penerapan aplikasi GRIPS yang diatur dalam Peraturan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Nomor 11 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyampaian Transaksi Keuangan Mencurigakan Laporan Profesional, dimana notaris perlu untuk menuliskan klausul bahwa transaksi penghadap yang dilakukan tidak berasal dari perbuatan melawan hukum, dengan adannya sanjsi hukuman perdata maupun pidana jika permyataan tudak benar.

Kata kunci:   Hambatan Notaris, Pelapor, Transaksi Keuangan Mencurigakan.

 

×
Penulis Utama : Prasetya Tunjung Novianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351802026
Tahun : 2021
Judul : Efektivitas Peran Notaris Sebagai Pelapor Dalam Menyampaikan Transaksi Keuangan Mencurigakan Kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S351802026
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rustamaji, S.H.,M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.