Penulis Utama : Ahmad Alviansyah
NIM / NIP : I0516003
×

Asetanilida (C8H9NO) merupakan bahan kimia yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan terutama analgesik dan antipiretik, serta sebagai bahan pendukung dalam industri cat dan karet. Pembangunan pabrik asetanilida bertujuan memenuhi kebutuhan dalam negeri yang semakin meningkat dan meningkatkan pendapatan serta menghemat devisa negara dari sektor industri, maka dirancang pabrik ini dengan kapasitas 7.000 ton/tahun. Asetanilida merupakan hasil reaksi asetilasi dengan bahan baku anilin (C6H5NH2) kemurnian 99,5% w/w dan asam asetat (CH3COOH) kemurnian 99,8% w/w. Pabrik direncanakan berdiri di Kawasan Industri Wijayakusuma, Kendal, Jawa Tengah pada tahun 2022.
Tahapan proses produksi asetanilida meliputi persiapan bahan baku, pembentukan asetanilida di reaktor, dan pemurnian produk. Reaksi pembentukan asetanilida menggunakan bahan sebanyak 0,69 kg anilin/kg produk dan 0,53 kg asam asetat/kg produk pada fase reaksi cair dengan katalis padat montmorillonite. Reaksi berlangsung di dalam reaktor fixed bed multitube pada suhu 116oC dan tekanan 1 bar dengan konversi reaksi 97,8% terhadap anilin. Produk yang dihasilkan adalah asetanilida dengan kemurnian 99,5% w/w.
Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air (318,7 kg/kg produk), superheated steam dengan tekanan 15 bar dan suhu 450°C (12,7 kg/kg produk), udara tekan (0,56 Nm3/kg produk), tenaga listrik (0,06 kwh/kg produk) serta bahan bakar berupa batubara untuk boiler dan solar B-0 untuk generator diesel (95,2 BTU/kg produk). Pabrik juga didukung laboratorium yang mengontrol mutu bahan baku dan produk serta memonitor limbah buangan pabrik.
Bentuk  perusahaan adalah  Perseroan  Terbatas  (PT),  dengan  struktur organisasi  line  and  staff.  Pembagian jam kerja terdiri dari karyawan shift dan non-shift. Karyawan non shift bekerja selama 8 jam per hari dan 5 hari kerja dalam satu minggu. Karyawan shift terbagi menjadi 4 kelompok dengan 3 macam shift. Jumlah karyawan yang diperlukan dalam pengoperasian pabrik ini sejumlah 158 pekerja dengan 0,04 man-hour/kg produk.  
Harga bahan baku yang diperlukan yaitu asam asetat Rp7.963/kg produk dan anilin Rp20.279/kg produk. Produk akan dijual dengan harga Rp63.000/kg produk. Dari hasil analisis ekonomi diperoleh, Return on Investment (ROI) sebelum dan sesudah pajak sebesar 26,64% dan 21,31%, Pay Out Time (POT) sebelum dan sesudah pajak selama 2,73 dan 3,19 tahun, Break-event Point (BEP) 52,02%,  Shutdown  Point (SDP)  26,80%, Net Present Value (NPV) Rp294.057.806.871, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 25,86%, dan Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 1,1. Jadi dari segi ekonomi, pabrik ini layak didirikan.

Kata kunci: Asetanilida, anilin, asam asetat, reaksi asetilasi.

 

×
Penulis Utama : Ahmad Alviansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0516003
Tahun : 2021
Judul : Prarancangan Pabrik Asetanilida dari Asam Asetat dan Anilin Kapasitas 7.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0516003
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sunu H. Pranolo, S.T., M.Sc.
2. Tika Paramitha, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.