Penulis Utama : Roni Desi Tarwanto
NIM / NIP : S701708013
×

Roni Desi Tarwanto. S701708013. Nasionalisme Seniman Teater Komunitas Sandilara dalam Pentas Mlarat 28 Agustus 2016 di Surakarta (Tinjauan Sosiologi Seniman). Tesis: Program Studi Kajian Budaya, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak dapat dilepaskan dari adanya nasionalisme. Hal ini menjadikan nasionalisme adalah suatu hal atau dalam hal ini disebut sebagai gagasan yang sangat penting dimiliki oleh seseorang dalam suatu negara. Keberadaan gagasan ini kemudian dikaitkan dengan permasalahan atau isu-isu anti-nasionalisme. Beberapa permasalahan nasionalisme, di antaranya adalah pada aspek politik dan budaya. Persoalan-persoalan tersebut kemudian dianggap mengancam kekukuhan negara kesatuan. Sehingga, diperlukan kajian terhadap gagasan nasionalisme individu, yang dalam hal ini adalah seniman  teater Komunitas Sandilara melalui karyanya, yaitu pentas Mlarat 28 Agustus 2016 di Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal berdasarkan rumusan masalah, yaitu (1) Kelompok sosial seniman teater Komunitas Sandilara; (2) Wujud nasionalisme seniman teater Komunitas Sandilara; (3) Tanggapan seniman teater Komunitas Sandilara terhadap gagasan nasionalisme. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah seniman teater Komunitas Sandilara dan gagasan nasionalisme seniman dalam pentas Mlarat 28 Agustus 2016 di Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah transkripsi hasil wawancara seniman teater dan pentas Mlarat. Teknik pengumpulan data penelitian ini ada tiga, yaitu wawancara, pengamatan, dan teknik baca. Hal tersebut menjadikan teknik pengolahan data penelitian ini dilakuikan dengan cara mengklasifikasikan data-data yang membentuk latar sosial, gagasan nasionalisme seniman, dan tanggapan seniman terhadap nasionalisme melalui pendekatan sosiologi pengarang yang dikemukakan oleh Ian Watt. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dihasilkan tiga hal berikut. (1) Latar sosial seniman teater Komunitas Sandilara adalah kaum proletar (buruh). (2) Wujud nasionalisme seniman teater Komunitas Sandilara dalam pentas Mlarat 28 Agustus 2016 di Surakarta adalah nasionalisme budaya. (3) Tanggapan seniman teater Komunitas Sandilara terhadap nasionalisme adalah sebagai media kritik terhadap isu-isu sosial masyarakat.

 

 

 

×
Penulis Utama : Roni Desi Tarwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S701708013
Tahun : 2021
Judul : Nasionalisme Seniman Teater Komunitas Sandilara dalam Pentas Mlarat 28 Agustus 2016 di Surakarta (Tinjauan Sosiologis Seniman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Kajian Budaya
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : nasionalisme, seniman, teater, Komuniras Sandilara, sosiologi pengarang
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Susanto, M.Hum.
2. Prof. Dr. Wakit, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu W, M.Hum.
2. Dr. Mibtadin, S.Fil., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.