Penulis Utama : Dicky Oka Mahendra
NIM / NIP : C9518012
×

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di dunia berdampak pada berbagai sektor, tak terkecuali sektor kuliner. Banyak pebisnis kuliner dan pemilik restoran di dunia terpaksa menutup usahanya untuk sementara waktu, dan tak sedikit yang mengalami kebangkrutan (Perkasa,2020). Para pengusaha kuliner dituntut untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru masyarakat (new normal), misalnya dengan membuat produk yang memenuhi kebutuhan online, kebutuhan orang yang saat ini lebih sering berada di rumah (Rossa, 2020). Salah satu sektor usaha yang dipaksa untuk bertahan di bidang kuliner adalah para pengusaha café.
Moju Moju Artisan Drinks (biasa disebut dengan Moju Moju) sebuah café bertema modern minimalist yang mulai dirintis pada tanggal 16 April 2020  merupakan sebuah café yang menjual produk minuman berlokasi di Jalan Duwet 12, Karangasem, Laweyan, sangat dekat dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Café ini memiliki keunikan dengan menyajikan berbagai jenis minuman dengan bahan baku buah dan kopi asli yang diracik secara manual dengan resep sendiri sesuai dengan slogan mereka yaitu Artisan Drinks, sehingga memberikan pengalaman terbaik dengan menyajikan minuman yang berasal dari bahan baku segar (fresh to cup). Dijual dengan harga mulai dari Rp 15,000,00 – Rp 25,000,00 tergantung menu dan ukuran yang dipesan, tersedia ukuran regular dan large, serta tersedia pilihan panas maupun dingin. Dengan menggunakan kemasan cup seperti kebanyakan usaha serupa memunculkan ide untuk membuat kemasan yang berbeda dan lebih praktis, yaitu dengan menggunakan kemasan kaleng. Kemasan kaleng dipilih karena masih belum ada café diwilayah Solo yang menggunakannya. Selain itu, menanggapi situasi pandemi COVID-19 tahun 2020 yang telah terjadi membuat konsumen menginginkan minuman yang higienis, mudah untuk dibawa pulang, dan aman jika dipesan secara online.
Hal tersebut membuat Moju Moju Artisan Drinks memberikan projek kepada penulis untuk membuat ilustrasi pada kemasan kaleng yang akan mereka launching terutama untuk variant menu kopi susu, dengan konsep ilustrasi simple modern minimalist sesuai dengan konsep café Moju Moju Artisan Drinks dengan ilustrasi yang disesuaikan dengan karakter rasa setiap jenis produk kopi susu Moju Moju Artisan Drinks.
Berdasarkan latar belakang tersebut, perancangan ilustrasi kemasan kaleng Moju Moju yang desesuaikan dengan karakter rasa dan bahan baku pada variant menu kopi susu, akan di launching dalam waktu dekat, sehingga akan dirancang dalam projek tugas akhir ini.

 

×
Penulis Utama : Dicky Oka Mahendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9518012
Tahun : 2021
Judul : Perancangan Desain Ilustrasi Pada Kemasan Kaleng Moju Moju Artisan Drinks
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Desain Komunikasi Visual
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Desain, Desain Kemasan, Kemasan Kaleng, Ilustrasi, Kopi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nidyah Widyamurti, S.Sn., M. IKom.
Penguji : 1. Jauhari, S.Sn., M.Sn.
2. Sigied Himawan Yudhanto, S.Sn., M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.