Penulis Utama : Rika Herawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117062
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Siswa di SMA Negeri 1 Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN KO X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

RIKA HERAWATI. HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA

TERHADAP RESILIENSI SISWA DI SMA NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya, tingkat resiliensi siswa, serta hubungan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa di SMA Negeri 1 Kartasura.

            Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Kartasura. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket skala likert. Instrumen yang digunakan adalah angket dukungan sosial teman sebaya dan angket resiliensi siswa. Instrumen dibuat dengan mengembangkan indikator dari masing-masing variabel. Instrumen telah melalui uji validitas isi, uji validitas konstruk, dan reliabilitas. Uji validitas isi dihitung menggunakan rumus Aiken’s V, validitas konstruk menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan menghitung nilai Cronbach’s Alpha. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian mulai dari tahap persiapan hingga tahap pelaporan.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya di SMA Negeri 1 Kartasura berada pada kategori sedang dengan presentase 55, 2%. Dengan penjabaran sebanyak 56 siswa (44,8 %) memiliki dukungan sosial tinggi, 69 siswa (55,2 %) memiliki dukungan sosial sedang, serta tidak terdapat siswa dengan kategori sosial rendah. Tingkat resiliensi siswa di SMA Negeri 1 Kartasura berada pada kategori sedang dengan presentase 64,8 % penjabaran sebanyak 34 siswa (35,2 %) memiliki resiliensi tinggi, 81 siswa (64,8%) memiliki resiliensi sedang dan tidak terdapat siswa dengan resiliensi rendah. Terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa di SMA Negeri 1 Kartasura dengan nilai korelasi sebesar 0,673 dengan tingkat kategori hubungan yang kuat antara kedua variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa di SMA Negeri 1 Kartasura. Hasil dari penelitian ini seyogyanya dapat dijadikan bahan masukan terkait faktor yang mempengaruhi resiliensi siswa.

           

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LAMPIRAN RIKA HERAWATI HALAMAN 2-79-177.pdf
BAB 5 RIKA HERAWATI HALAMAN 2-74-75.pdf
BAB 3 RIKA HERAWATI HALAMAN 2-39-63.pdf
BAB 2 RIKA HERAWATI HALAMAN 2-24-38.pdf
BAB 1 RIKA HERAWATI HALAMAN 2-16-23.pdf
HALAMAN COVER.pdf
DAPUS RIKA HERAWATI HALAMAN 2-76-78.pdf
BAB 4 RIKA HERAWATI HALAMAN 2-64-73.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma'rifatin Indah Kholili, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP