Penulis Utama : Tiyara Mahardini
NIM / NIP : K7116517
×

          Tujuan  penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi gaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV SD Negeri Kemiri; 2) menganalisis kelayakan bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi gaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV SD Negeri Kemiri; 3) menguji keefektifan bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi gaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV SD Negeri Kemiri.

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan atau model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kemiri dengan satu guru dan siswa dengan jumlah 22 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan tes (pre-test dan  post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu, analisis deskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji keefektifan bahan ajar (N-gain dan effect size).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pengembangan bahan ajar melalui beberapa tahapan, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan produk, tahap pengembangan produk, dan tahap penyebaran.; 2) kelayakan bahan ajar yang dinilai berdasarkan kritik, saran, dan komentar dari ahli, pernyataan kelayakan bahan ajar dari validator, dan komentar dari guru serta siswa menunjukkan bahan ajar yang dkembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran, sesuai sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran, dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Sejalan dengan hasil penilaian melalui angket, yaitu ahli materi sebesar 3,9 dengan kriteria baik, ahli media sebesar 4 dengan kriteria baik, serta keterbacaan bahan ajar dari guru 4,7 dengan kriteria sangat baik, dan keterbacaan dari siswa sebesar 4,6 dengan kriteria sangat baik; 3) bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi gaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan N-gain diperoleh nilai sebesar dan perhitungan effect size  diperoleh nilai sebesar .

            Kesimpulan penelitian ini adalah proses pengembangan dilakukan secara terstruktur dan terarah, bahan ajar yang dihasilkan sudah teruji kelayakannya, dan bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembalajaran.

×
Penulis Utama : Tiyara Mahardini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116517
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Gaya Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas IV SD Negeri Kemiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bahan ajar, potensi lokal, jiwa kewirausahaan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.